bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Baznas Tubaba Menyalurkan Zakat Mal Kepada 180 Mustahik

Helo Lampung - Nasional -> Peristiwa
Kamis, 13 April 2023 22:35
    Bagikan  
Baznas Tubaba Menyalurkan Zakat Mal Kepada 180 Mustahik

Ketua Baznas Tubaba, H. Purwanto saat menyalurkan Zakat Mal (Foto Rohman/Helo Indonesia Lampung)

LAMPUNG-HELOINDONESIA.COM--Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) Lampung, menyalurkan  zakat mal  kepada 180 Mustahik di Tiyuh (Desa) Marga Kencana dan Gading Kencana.

"Alhamdulillah kegiatan hari ini berjalan lancar, mudah-mudahan dengan penyaluran zakat mal ini bisa bermanfaat bagi penerima," ujar Ketua Baznas Tubaba, H. Purwanto, Kamis (13/04/2023).

Selain penyaluran zakat mal, Ketua Baznas saat dikonfirmasi "Helo Indonesia Lampung" juga menjelaskan bahwa zakat mal adalah zakat yang wajib dikeluarkan seorang muslim apabila telah mencapai nisab dan haul. Cara menghitung zakat mal ini sudah diatur dalam Peraturan Menteri Agama Nomor 52 Tahun 2014 .

Untuk itu, kami perlu dukungan dari semua pihak, baik dari masyarakat maupun para ASN yang ada di Pemerintah Kabupaten Tubaba agar semua yang kita inginkan bisa tercapai.

"Dukungan dari ASN memang sangat kita butuhkan, karena berpotensi meningkatkan capaian pengumpulan jumlah zakat dan infak. Sehingga dari pengelolaan dana itu nantinya bisa lebih banyak meringankan beban masyarakat yang tergolong Mustahik," jelasnya .

Dirinya menerangkan, berdasar data yang dihimpun oleh Baznas menjelang hari raya idul fitri 1444 Hijriah, sudah terdapat beberapa ASN yang menyalurkan zakatnya di Baznas terutama zakat mal atau zakat profesi, diantaranya adalah Sekda Tubaba Novriwan Jaya, dan Sekretaris Dinas Kesehatan Eka Riana

"Termasuk saya juga tadi sudah membayar zakat mal di Baznas. Dan kita menjamin bahwa dana zakat termasuk infaq hingga shodaqoh yang ada pada Baznas akan dikelola dengan sebaik - baiknya untuk umat dan sesuai aturan berlaku," terangnya .

"Untuk itu, kami berharap kedepannya dengan lebih banyaknya dana yang masuk di Baznas dapat memberi manfaat lebih luas lagi dan menjadi amal ibadah kita semua," imbuhnya (Rohman).