bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Jelang Lebaran, Rutan Kelas II B Sukadana Perketat Penjagaan

Helo Lampung - Nasional -> Peristiwa
Selasa, 11 April 2023 23:38
    Bagikan  
Jelang Lebaran, Rutan Kelas II B Sukadana Perketat Penjagaan

Abi Aufa Algohhar, KPR Rutan Kelas II B Sukadana, Lamtim (Foto Khairuddin/Helo Indonesia Lampung)

LAMPUNG.HELO INDONESIA.COM.--- Jelang Idul Fitri 1444 H, pihak Rumah Tahanan Negara ( Rutan)  Kelas II B Sukadana Lampung Timur memperketat penjagaan. Pihak Rutan juga akan memberi pelayanan terbaik bagi pengunjung.

Kepala Pengamanan Rutan (KPR) Abi Aufa Algohhar mendampingi Kepala Rutan Abdul Azis mengatakan, menjelang lebaran tahun ini, pihak rutan akan memperketat penjagaan.

Pasalnya, tiap peringatan hari besar keagamaan seperti lebaran, jumlah pengunjung biasanya meningkat dua kalin lipat. Agar pengunjung nyaman pihak rutanpun akan menambah personel.

" Pada hari biasa jumlah personil yang bertugas tujuh orang. Jelang lebaran akan ditambah jadi sembilan petugas," kata Abi Selasa (11-4).

Menurut Abi, pengunjung yang akan datang membezuk, tak hanya keluarga warga binaan yang telah menjalani hukuman.  Tapi, keluarga tahanan yang sedang menjalani proses hukum.

" Kita tak membedakan mana pengunjung warga binaan atau pengunjung tahanan. Semuanya kita layani dengan baik," ujarnya.

Soal waktu kunjungan, pihak rutan memberi waktu bagi pengunjung dari pukul 09.00 hingga 14.00 WIB. Saat pengunjung masuk gerbang atau pintu utama, petugas akan memeriksa secara ketat tiap barang bawaan seperti makanan, minuman dan pakaian.

" Pengunjung yang bawa alat komunikasi wajib dititip ke petugas jaga. Tidak dibenarkan dibawa masuk,"tegas Abi.

Terkait jumlah penghuni ruran saat ini, Abi mengatakan, penghuni rutan baik warga binaan atau tahanan saat ini 507 orang dengan perincian 499 laki- laki dan 8 wanita.

"Sebetulnya jumlah penghuni Rutan Sukadana telah over kapasitas. Tapi, akan selalu kita layani dengan baik," pungkas Abi.
( Khairuddin)