Helo Indonesia

Tim PkM USM Sosialisasi Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan di Grobogan

Jumat, 1 Desember 2023 15:55
    Bagikan  
Tim PkM USM Sosialisasi Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan di Grobogan

PEKERJA: Tim Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Semarang (PkM USM) melakukan Sosialisasi Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan (K3L) kepada pekerja proyek. Foto: Dok

GROBOGAN, HELOINDONESIA.COM -Tim Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Semarang (PkM USM) melakukan Sosialisasi Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan (K3L) kepada pekerja proyek pembangunan jalan rigid (beton) di ruas jalan Pulokulon-Tuko R.55 di Kecamatan Pulokulon, Kabupaten Grobogan, baru-baru ini.

Dalam Sosialisasi Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan (K3L) tersebut, Tim PkM USM terdiri atas Ketua Etika Herdiarti ST MT, anggota Fitria Maya Lestari ST MT dan Risdiana Cholifatul Afifah ST MT.

Menurut Etika, tujuan kegiatan memberikan sosialisasi tentang pentingnya penerapan K3L agar dapat meminimalisasi jumlah kecelakaan kerja.

Dia berharap, para pekerja memahami pentingnya penggunaan alat pelindung diri (APD) dalam menjalankan pekerjaannya. ''Kami juga berharap, para pekerja dapat menciptakan lingkungan yang aman bagi pengguna jalan,'' ujarnya.

Melindungi

Etika menambahkan, penerapan K3L penting, karena untuk melindungi keselamatan pekerja dan menciptakan lingkungan yang aman.

''Penerapan K3L itu bukan sekadar kewajiban yang  harus diperhatikan para pekerja, tapi juga bagian dari pekerjaan. Prinsip K3L pada pekerjaan pembangunan jalan rigid (beton) itu meliputi pemakaian alat pelindung diri (APD) seperti helm proyek, kacamata, masker, sarung tangan, sepatu booth, dan rompi,'' ungkapnya. (ADE)