bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Penilaian KPK, Pemkot BL Raih Kepercayaan dalam Menekan Korupsi

Helo Lampung - Nasional -> Peristiwa
Selasa, 11 April 2023 15:54
    Bagikan  
Penilaian KPK, Pemkot BL Raih Kepercayaan dalam Menekan Korupsi

Robby Suliska Sobri (Foto Hajim/ Heloindonesia.com)

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM - Pemkot Bandarlampung meraih kepercayaan publik  menekan angka korupsi lebih baik dari dua kota besar seperti Surabaya dan Magelang.

KPK memberikan indeks Monitoring Center For Prevention ( MCP ) 96.77 atau urutan 13 di atas Surabaya dan Magelang. Lembaga antirasuah ini melakukan penilaian sejak 2018.

Kepala Inspektorat Kota Bandarlampung Robby Suliska Sobri, Selasa ( 11/4/2023), melakukan monitoring terhadap pemerintah daerah dan kota, dalam pencegahan korupsi di lingkungan Pemkot Bandarlampung, serta pengawasan keuangan dan pembangunan untuk mendapatkan pelaporan atas upaya terjadinya tindak korupsi di semua OPD yang berada dilingkungan Pemkot.

" Yang mendapatkan perhatian khusus dari KPK untuk melihat apakah pemerintah itu sudah bersih dari korupsi antara lain, melakukan pemetaan potensi rawan korupsi,dan identifikasi pencegahan pada kantor pemerintahan, mendorong komitmen kepala daerah beserta pejabat dan ASN termasuk unsur legislatif, stakeholder, dalam upaya pencegahan korupsi, mendorong pemerintah daerah untuk tranformasi nilai dan praktik pencegahan korupsi sehingga tercipta tata kelola pemerintahan yang baik, konsisten dalam mengimplementasikan sistem pencegahan korupsi,"papar Robby

Selanjutnya KPK memberikan saran dan rekomendasi kepada pemerintah kota Bandarlampung untuk memperbaiki tata kelola keuangan yang dapat mencegah terjadinya praktik korupsi."tuturnya

" Intervensi MCP yang dilakukan dilingkungan Pemerintah Daerah melingkupi seluruh aspek, perencanaan dan penganggaran, pengadaan barang dan jasa, perizinan, pengawasan APIP, manajemen ASN, optimalisasi pajak daerah,dan pengelolaan barang milik dengan.

Sedangkan indeks MCP Kota Bandarlampung dari tahun 2021 hingga 2022 ada peningkatan untuk tahun  2021 indeksnya 90,29 sementara 2022 indeksnya 96,27, yang akhirnya Kota Bandarlampung mendapatkan urutan ke 13 untuk se-provinsi di Indonesia," tukasnya. (Hajim)