Helo Indonesia

Nyaris Ricuh di GSG Unila, Panitia Konser Soundnergy 3.0 Tak Profesional

Nabila Putri - Nasional -> Peristiwa
Senin, 27 November 2023 12:37
    Bagikan  
Nyaris Ricuh di GSG Unila, Panitia Konser Soundnergy 3.0 Tak Profesional

Nyaris ricuh, ribuan penonton konser di GSG Unila(Foto Hajim/Helo)

LAMPUNG HELOINDONESIA.COM- Konser grup bertaju Soundnergy 3.0 yang menampilkan Nidji, Maliq D’essentials, dan Whisnu Santika x Bams itu nyaris ricuh di Gedung Serba Guna Universitas Lampung di Gedongmeneng, Kota Bandarlampung, Minggu malam (26/11/2023).

Penyebabnya, penonton membludak dan banyak mahasiswa yang memaksa masuk tanpa tiket. Diperkirakan, ada 4000 penonton malam itu.

undefined
Akibat membludaknya penonton, panitia beberapa kali "gesekkan" dengan pengunjung. Selain itu, ada sekitar 10 penonton wanita pingsan, terutama akibat berdesakkan dan pengab di dalam gedung. Mereka dievakuasi ke balai pengobatan terdekat.

Baca juga: Tabrak Tiang Listrik di Pintu Tol Bintaro Jaya, Toyota Alphard Meledak

undefined

Panitia membuat pagar manusia di pintu masuk utama (Foto Hajim/Helo)

"GSG ini tidak pas untuk acara konser yang melebihi over kapasitas, panitia tak profesional, seharusnya ditangani juga event organizer konser grup band asal Jakarta ini," ujar Alia. Civil Brings Revolution (CBR) Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil (Himateks) yang menggelar konser tahunan ini.

Di dalam gedung, ada sekitar 300 penonton. Para panitia mahasiswa Fakultas Teknik Unila sampai membuat formasi pagar manusia berlapis menutup pintu masuk agar tak diterobos sejumlah anak muda yang ingin menonton konser gratis.

Baca juga: Gubernur Arinal Djunaidi Meraih Anugerah KPI Tahun 2023


Harga tiket lumayan mahal, yakni VVIP Rp 265.00O, VIP Rp235.000, sedangkan untuk tribun 1 Rp 185.000 dan tribun 2 Rp 125.000, kata.seorang panita bersergam abu-abu. Para penonton mulai registrasi masuk pada pukul 19.00 WIB

Panitia membuka dua pintu masuk untuk mengurangi antren penonton, pintu utama dan samping. "Kami tidak menyangka penontob membludaknya seperti," katanya. Apalagi di lantai VIP, Helo Indonesia Lampung melihat begitu sesaknya penonton.

Sedikitnya 57 personel Polresta Bandarlampung dibantu Pamdal serta 1 unit mobil pemadam kebakaran mengendalikan situasi. Ada aparat kepolisian yang sampai memarahi panitia yang dinilainya amatiran sehingga nyaris ricuh. (Hajim)