bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Pembuat Parodi Pengobatan Ida Dayak Diperingatkan, Bisa Kuwalat

Helo Jabar - Nasional -> Peristiwa
Senin, 10 April 2023 23:58
    Bagikan  
Pembuat Parodi Pengobatan Ida Dayak Diperingatkan, Bisa Kuwalat

Ida Dayak dalam aksi pengobatan tradisionalnya dilakukan dengan tarian. (Foto: ist)

JAKARTA, HELOINDONESIA.COM ? Pengobatan tradisional Ida Dayak bukan sekedar pengobatan biasa. Ada tarian yang biasa dilakukan. Tarian itu tampaknya bagian integral dari pengobatan tradisional tersebut.

Maka, ketika pengobatan tradisional Ida Dayak di media sosial, tariannya pun juga banyak ditonton banyak warga. Kemudian bermunculan orang menirukan tariannya, bahkan memparodikan.

Maraknya video parodi Ida Dayak dan bahkan viral kemudian membuat seorang pria Dayak merasa geram. Satu warganet di twitter mengunggah video dari pria-pria yang memperingatkan orang-orang yang memparodikan tarian Ida Dayak.

?Selain dinyinyirin dokter, pesulap, ibu Ida dayak juga diparodikan oleh orang2 yg pengen cepet viral, susah ya jadi orang baik di negeri ini,? tulisawarganet dengan akun @St3ven_P3gel.Dua pria memperingatkan kepada para pelaku parodi pengobatan Ida Dayaj: bisa kuwalat. (foto: ist)

Dua pria memperingatkan kepada para pelaku parodi pengobatan Ida Dayaj: bisa kuwalat. (foto: ist)

Di dalam unggahan itu, ada dua video yang keduanya mewanti-wanti kepada orang-orang yang memparodikan tarian Ida Dayak, hal seperti itu jangan dilakukan.

Satu video di dalamnya diberi tulisan: Hapus VT Mu Sebelum kuwalat ki sanak. Di dalamnya seorang pria meminta orang yang memparodikan segera minta maaf secara terbuka. Pria itu menyatakan, oaring yang memparodikan itu melakukan tindakan sembrono dan bisa kuwalat.

?Lhadalah sembrono kalian. Ayo minta maaf sebelum terjaddi apa-apa lho. Salam jernih, mungkin kalian hanya hiburan, tapi yang kalian parodikan itu Ibu Ida Dayak yang saat ini beliau dihormati sekian banyak orang sekian lapisan masyarakat,? ujarnya.

Menurutnya,  beliau (Ibu Ida Dayak) adalah representasi kaum dayak dan adat istiadatnya. dan juga kekayaan tradisinya. Bagi yang memparodikan, disarankan untuk minta maaf dan segera hapus videonya. Jangan membuat membuat parodi tentang pengobatan Ibu Dayak, bisa kuwalat.

 ?Untuk itu, untuk yang membuat parodi ini saya sarankan segera minta maaf secara terbuka lalu take down atau hapus videomu,? katanya.

?Dan untuk yang lain untuk tidak membuat parodi tentang pengobatan Ibu Dayak, bisa kuwalat, dan Anda melukai pendukung Ibu Ida Dayak, melukai orang Dayak. Salam waras,? tandas pria itu. (*)

Satu video lagi yang berada di sebelah video pertama, juga ada seorang pria yang mewani-wanti agar orang tidak sembarangan membuat parodi pengobatan Ida Dayak. Bisa kuwalat. (*)

(A Winoto)