Helo Indonesia

Pj Bupati Nukman Bahagia Hampir 100 Persen Warga Dijamin Kesehatannya

Nabila Putri - Nasional -> Peristiwa
Rabu, 22 November 2023 18:16
    Bagikan  
Pj Bupati Nukman Bahagia Hampir 100 Persen Warga Dijamin Kesehatannya

Deputi Direksi BPJS Kesehatan Wilayah II Yudi Bastia mengapresiasi kinerja Pj Bupati Nukman dan jajaran dalam kepesertaan jaminan kesehatan warganya. (Foto Humas Pemkab Lambar)

LAMPUNG,HELOINDONESIA.COM -- Penjabat (Pj) Bupati Lampung Barat Drs. Nukman, MM menyampaikan rasa bahagianya atas terwujudnya universal health coverage (UHC) atau cakupan kepesertaan jaminan kesehatan (JKN) pada Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59.

"JKN Lampung Barat hampir mencapai 100 persen, persisnya 96,8 persen per 1 Oktober 2023," ujarnya pada peringatan HKN ke-59 di GOR Aji Saka Kawasan Sekuting Terpadu, Kecamatan Balik Bukit, Rabu (21/11/2023).

Deputi Direksi BPJS Kesehatan Wilayah III Yudi Bastia hadir pada acara yang digelar Dinas Kesehatan Lampung Barat tersebut. UHC merupakan sistem penjaminan kesehatan yang memastikan semua penduduk terdaftar sebagai peserta JKN.

Baca juga: Pj Bupati Nukman Lepas AKBP Heri SP dan Apresiasi Kinerja Selama Kapolres Lambar

Pj Bupati Nukman menyampaikan rasa bangga atas pencapaian tersebut. "Hal ini membuktikan bahwa Pemkab Lambar terus berupaya agar setiap warga memiliki akses yang adil terhadap pelayanan kesehatan promotif dan bermutu," ujarnya.

Menurut Yudi Bastia, launching UHC tersebut merupakan salah satu kemenangan yang berhasil dicapai oleh Pemkab Lambar dalam memberikan perlindungan layanan kesehatan bagi
masyarakatnya.

"Kami segenap jajaran manajemen BPJS Kesehatan mengucapkan selamat dan mengapresiasi yang setinggi-tingginya atas kinerja jajaran Pemkab Lambar yang telah mencapai UHC," ujarnya.

Baca juga: Gerindra Sebut Prabowo-Gibran Menang Satu Putaran Jika Tak Ada Kecurangan


Yudi menjelaskan, sampai dengan 1 November 2023, jumlah peserta JKN Kabupaten Lampung Barat telah mencapai 96,85 persen dari jumlah penduduk atau sejumlah
298.460 jiwa.

"Sehingga terdapat lebih kurang 9.699 jiwa penduduk yang belum memiliki kepesertaan JKN dengan tingkat keaktifan peserta yaitu 65,04 persen," ujarnya.

Terakhir, ia menyampaikan selamat kepada seluruh masyarakat Kabupaten Lambar yang telah memiliki perlindungan finansial dan akses kepada pelayanan kesehatan sebagai peserta JKN.

"Kami sampaikan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Pemkab Lambar yang telah
berkomitmen mendukung keberhasilan JKN sebagai program strategis yang akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat," pungkasnya. (Phrapthy).