Helo Indonesia

Cegah Banjir, DLH dan Petugas Gabungan Bersihkan Kali Aji Kaliwungu

Rabu, 8 November 2023 21:27
    Bagikan  
Cegah Banjir, DLH dan Petugas Gabungan Bersihkan Kali Aji Kaliwungu

Dinas Lingkungan Hidup dan lintas OPD bergotong royong membersihkan sampah di aliran Sungai Aji Kaliwungu. Foto: Anik

KENDAL, HELOINDONESIA.COM - Guna cegah meluapnya air dan banjir dari sungai, terutama saat musim hujan tiba, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) bersama Pusdataru Jawa Tengah dan lintas OPD bahu membahu membersihkan sampah yang menyumbat aliran kali Aji Kaliwungu, Kendal, Rabu 8 November 2023.

Kepala DLH Kendal, Aris Irwanto menjelaskan, pembersihan direncanakan dilakukan selama empat hari kedepan dengan menggandeng beberapa stakeholder, diantaranya BPBD, Satpol PP dan Damkar, Dinas Perhubungan, TNI, DPUPR, UPTD Pasar Gladak, Forkopimcam Kaliwungu dan Kaliwungu Selatan.

Baca juga: Tim PkM USM Kenalkan Temuan Pipa Resapan Horizontal di Thailand

"Kegiatan ini merupakan kepedulian Pemerintah Kabupaten Kendal untuk membersihkan kali Aji. Ini memang rutin kita laksanakan karena sedimentasi Kali Aji ini memang sangat tinggi. Terakhir kita lakukan pembersihan pada Juni 2023," ujar Aris Irwanto.

Dijelaskan, setidaknya ada 50 desa yang dilewati kali Aji tersebut. Sehingga akibat masih kurangnya kesadaran masyarakat dalam membuang sampah dapat menyebabkan sampah menumpuk di kali Aji. Bahkan berpotensi menyebabkan banjir saat musim hujan tiba.

"Dari hulu hingga hilir itu setidaknya kurang lebih ada 50 desa yang dilewati Kali Aji ini. Itulah potensial sampah larinya ke kali Aji baik itu batang pohon, kadang juga ada kasur dan sampah lainnya. Sehingga pada hujan pertama pasti terjadi banjir," jelasnya.

Baca juga: Wiko Merilis HP terbaru Hi Enjoy 60s, Sistem Operasinya Menggunakan HarmonyOS

Ditambahkan, selain tumpukan sampah, sedimentasi di kali Aji sendiri sangat tinggi. Sehingga perlu terus melakukan pembersihan maupun pengerukan.

"Pada bulan Juni 2023 sudah ada pengerukan, tetapi sekarang sudah banyak sampah dan lumpur yang menutupi kali Aji ini," imbuhnya.

Dirinya mengimbau kepada masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan terutama di aliran sungai. Dan lebih peduli dengan kebersihan lingkungan. (Anik)