Helo Indonesia

Disdukcapil Tanggamus Buat KTP-el 19 WBP di Rutan Kotaagung

Nabila Putri - Nasional -> Peristiwa
Selasa, 7 November 2023 20:18
    Bagikan  
Disdukcapil Tanggamus Buat KTP-el 19 WBP di Rutan Kotaagung

(Foto Helo Indonesia)

LAMPUNG,HELOINDONESIA.COM -- Dua petugas Disdukcapil Kabupaten Tanggamus membawa peralatan pembuatan KTP-el bagi 19 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rutan Kotaagung dalam persiapan Pemilu 2024, Selasa, (7/11/2023).

Mereka tahanan baru yang belum pernah memiliki KTP-el maupun NIK. Sehingga dari 369 WBP penghuni rutan, sebanyak 367 WBP yang sudah terekam, sisa 2 WBP lagi, kata Kepala Rutan Kotaagung Benny M Saefulloh.

Petugas Subseksi Pelayanan Tahanan mendampingi langsung jalannya perekaman KTP-el buatBPJS, DPT Pemilu 2024, serta pencetakan KTP saat mereka bebas nanti. "Rutan mengakomodir pendataan NIK WBP agar hak pilihnya terlindungi," tambah Benny.

Baca juga: DPRD Lampung Timur Sahkan Lima Raperda

Kepala Subseksi Pelayanan Tahanan, Prameswari mengatakan 2 WBP yang belum memiliki NIK adalah tahanan baru yanh belum pernah sama sekali melakukan perekaman data kependudukan sehingga tidak tercantum NIK di Kartu Keluarga.

"Pihak Rutan Kotaagung akan berkoordinasi dengan Disdukcapil untuk menelusuri keluarga kedua WBP tersebut agar yang bersangkutan bisa melakukan perekaman data kependudukan dan memiliki NIK serta KTP-el," pungkasnya. (Hadi Haryanto)