Helo Indonesia

JMSI Lampung Akan Beri Penghargaan Jurnalistik Kepada Gen Z

Nabila Putri - Nasional -> Peristiwa
Sabtu, 4 November 2023 22:25
    Bagikan  
JMSI Lampung Akan Beri Penghargaan Jurnalistik Kepada Gen Z

Workshop Jurnalistik yang diadakan MAN 1 Bandarlampung dan Garuda Berwarna Nusantar (Foto Ist)

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM - Jaringan Media Siber Indonesia akan memberikan penghargaan kepada para Pelajar yang aktif membuat tulisan dan karya jurnalistik sehingga mendorong menciptakan jurnalis jurnalis handal dari kalangan generasi muda atau Gen Z.

Hal itu disampaikan oleh Novriwan Ismail ketua JMSI disela acara Workshop Jurnalis dengan para pendidik dari SMA, SMP MAN, MTS se Bandar Lampung, Sabtu November 2023 di Aula Gedung MAN 1 Bandar Lampung.

" Dari acara yang di adakan oleh MAN 1 Bandar Lampung saya terinspirasi untuk memberikan semacam Award atau penghargaan kepada Generasi Z maupun Gen Milenial atas dedikasi nya dalam penulisan Jurnalistik,

Apalagi saya lihat dan amati untuk Website MAN 1 Bandar Lampung terlihat profesional dan cukup bermutu dalam penulisan, sehingga sudah termasuk dalam unsur unsur penulisan Jurnalistik, " ujar Novriwan

Baca juga: Aliansi Masyarakat Lampung Serahkan Donasi buat Rakyat Palestina

Workshop Jurnalistik, Membangun Keharmonisan Insan Jurnalistik dan Praktisi Pendidikan tingkat SMP/MTs-SMA/MA Kota Bandar Lampung.

Acara di gagas oleh Garuda Berwarna Nusantara , JMSI Lampung dan MAN 1 Bandar Lampung juga di hadiri oleh Kabid Humas Polda Lampung Kombes Umi Fadhilah, Minda Tuah Putri Kepala Bidang SMK dan Diksus Dinas Pendidikan Provinsi Lampung, Ketua Jaringan Media Siber Indonesia Lampung Ahmad Novriwan, Ketua Garuda Berwarna Nusantara, Johan Syahril serta Kepala Sekolah MAN 1 Bandar Lampung Lukman Hakim.

Sedangkan Kakanwil Kemenag Provinsi Lampung diwakili oleh Alamsyah.

Penyampaian materi oleh Ketua JMSI Provinsi Lampung Ahmad Novriwan, tentang Kode Etik Jurnalistik yang sekaligus memandu acara.

Selanjutnya materi oleh Pimred DifaTV , Hi. Barusman, mantan PNS. Pada tahun 2000 menjadi seorang juru bayar gaji di salah satu SD, di Tanjung Bintang, Lampung Selatan.

Baca juga: Dikunjungi Jokowi, LBP Berdiri Beri Hormat, Alzier Ikut Ikut Bahagia

Menurut Hi. Barusman pada tahun 2004, saat menjadi juru bayar sering didatangi oleh wartawan, salah satu menantunya menyarankan membuat koran. Saat ini beliau menjadi bendahara JMSI, Lampung

Ihwadi Perkasa Pimred Sinar Lampung menerangkan tentang berita.

Menurutnya berita adalah peristiwa yang dilaporkan. Berita dicetak, disiarkan, diceritakan dari mulut ke mulut.

Berita mengandung unsur 5W1H. Rajin menulis dan rajin membaca merupakan kunci menulis berita, ujar nya.

Selajutnya Sahroni Yusuf , salah satu jurnalis senior di Bandar Lampung mantan fotograper Radar Lampung menjelaskan tentang berita Foto.

Menurut Roni, semula berita disertai ilustrasi menggunakan karikatur. Perkembangan selanjutnya adalah foto melengkapi karya tulis dalam sebuah berita. Saat ini karya foto dapat menjadi karya berita.

Baca juga: 2 Tewas dan 1 Luka Bakar Tersambar Petir Diduga Akibat HP di Kota Metro

Karya foto biasanya disertai dengan caption.

" Harus berhati-hati saat memposting karya foto karena dapat berpotensi melanggar hukum. Foto essai adalah beberapa karya foto yang disusun untuk menggambarkan peristiwa tertentu, " ujar Sahroni Yusuf.

Salah satu Fotografer terbaik Lampung menjelaskan bagaimana menghasilkan karya foto yang baik? Harus diawali dengan melihat, berpikir lalu bertindak. Angle, komposisi, moment. Foto tidak boleh menampilkan jenazah, korban kecelakaan atau hal-hal lain yang melanggar norma agama dan sosial" terang Ronny.

Kepala Madrasah Negeri 1 Bandar Lampung Lukman Hakim yang juga sebagai Kandidat Doktor ini sangat berterima kasih atas peran serta dan dukungan dari JMSI Lampung dan Ormas Garuda Berwarna Nusantara telah mengelaborasi sehingga acara yang dihadiri oleh perwakilan MAN, MTS, SMA dan SMP se Bandar Lampung berjalan lancar dan penuh antusiasme dari para peserta.
(Rls)