Helo Indonesia

Konser Gempur Rokok Ilegal di Kendal, Gilga Hipnotis Penonton

Selasa, 31 Oktober 2023 08:53
    Bagikan  
Konser Gempur Rokok Ilegal di Kendal, Gilga Hipnotis Penonton

Gilga Sahid bersama GildCoustic yang menghipnotis penonton di Kendal dalam konser gempur rokok ilegal. Foto: Anik

KENDAL, HELOINDONESIA.COM - Gilga Sahid bersama GildCoustic menghipnotis seluruh penonton yang hadir dalam acara Sosialisasi Peraturan Perundang-udangan tentang Cukai Tembakau melalui Konser Musik Gempur Rokok Ilegal di Stadion Utama Kebondalem Kendal, Senin malam, 30 Oktober 2023.

Kegiatan diawali sosialisasi gempur rokok ilegal dengan narasumber dari perwakilan Bea Cukai Semarang, Nova Enggar Fajarianto, Biro Infrastruktur dan Sumber Daya Alam Provinsi Jawa Tengah Een Erlina, Sub Koordinator Sumber Daya Alam (SDA) Bagian Perekonomian Kabupaten Kendal, Nur Dewi Alfiyanah.

Baca juga: Lindungi Hak Petani Durian Lokal, Ini yang Dilakukan Mbak Ita Wali Kota Semarang

Pada kesempatan tersebut, Nova Enggar Fajarianto menyosialisasikan terkait lima ciri-ciri rokok ilegal. Diantaranya, rokok polis yang tidak terdapat pita cukai, rokok dengan pita cukai palsu, rokok dengan pita cukai bekas.

"Kemudian adalah rokok dengan pita cukau salah peruntukkan, jadi misalkan rokok SKT tapi pitanya SKM, nah yang kelima rokok dengan salah personalisasi, misalnya ada kode perusahaan tapi pitanya tidak sesuai kode perusahaan," paparnya.

Selanjutnya, Een Erlina menyampaikan, dengan Gempur Rokok Ilegal, penerimaan negara meningkat, sehingga Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) yang diterima masyarakat juga akan berdampak lebih besar.

"Kenapa kita menggempur rokok ilegal karena ada uang cukai yang masuk kepada negara. Dan ini dikembalikan lagi melalui DBHCHT, salah satunya adalah seperti kegiatan konser malam hari ini," terang Een.

Kesejahteraan

Sementara, Nur Dewi Alfiyanah menyatakan, Kabupaten Kendal tahun 2023 ini mendapatkan alokasi DBHCHT sebesari Rp 34,1 miliar.

"Dampaknya untuk kesejahteraan masyarakat Kendal, diantaranya juga untuk kesejahteraan buruh pabrik rokok," beber Dewi.

Baca juga: Gubernur Arinal dan Dekranasda Lakukan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Pasar UMKM

Sebelum konser GildCoustic dimulai Bupati Kendal, Dico M Ganinduto menyampaikan, kegiatan sosialisasi gempur rokok ilegal bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang segala hal yang berkaitan dengan peredaran rokok ilegal yang merugikan negara, termasuk konsekuensi hukumnya jika mengedarkan.

"Jadi saya mengimbau semuanya bersama-sama mencegah mencegah peredaran rokok ilegal di Kabupaten Kendal. Setelah ini Mas Gilga akan tampil, mlam hari ini kita berbahagia bersama," tandasnya.

Suasana kegiatan sosialisasi gempur rokok ilegal terlihat sangat meriah dengan penampilan Gilga Sahid bersama GildCoustic yang membawakan sejumlah lagu. Konses selanjutnya ditutup dengan penampilan duet Bupati Kendal bersama Gilga dengan membawakan lagu "Nemen". (Anik)