Helo Indonesia

Batre Sepeda Motor Listrik Nyaris Membakar KMP di Bakauheni

Nabila Putri - Nasional -> Peristiwa
Jumat, 20 Oktober 2023 21:37
    Bagikan  
Batre Sepeda Motor Listrik Nyaris Membakar KMP di Bakauheni

Asap tebal keluar dari KMP Tranship 1 saat hendak bersandar di Dermaga IV Pelabuhan Bakauheni (Foto Kolase Helo)

LAMPUNG,HELOINDONESIA.COM -- Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Tranship I terbakar saat hendak bersandar di Dermaga IV, Pelabuhan Bakauheni, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung, Jumat (20/10/2023), pukul 16.00 WIB.

Kapolres Lampung Selatan AKBP Yusriandi Yusrin meluncur ke TKP. Dia mengatakan penyebab kebakaran ada mobil ekspedisi kargo bermuatan paket yang terbakar di lambung kapal, yakni JNT Cargo nomor plat B 9239 WXW," ucapnya.

Mobil tersebut bermuatan barang-barang berupa sepeda motor listrik, kasur busa, dan sparepart lainnya, dan untuk api masih kita lakukan penyelidikan. Patut diduga memang berasal dari baterai sepeda motor listrik.

Baca juga: Mahfud MD Ingatkan Bawahannya : Netral dan tidak Ikut-ikutan Urusan Politik

Asap mengepul dari dalam kapal yang berlayar dari Pelabuhan Merak, Provinsi Banten. Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin mengatakan langsung koordinasi dengan aparat dan mitra terkait terkait insiden ini.

"ASDP bersama dengan Basarnas, BPTD, kepolisian segera mengevakuasi seluruh penumpang KMP milik PT Tranship Indonesia itu," katanya. Asap mulai tampak oleh ABP kapal saat pada posis dekat Pulau Tempurung.

Baca juga: Kejari Mesuji Raih 4 Penghargaan Atas Laporan Kinerja Tahun 2023 Se-Kejati Lampung

Kapolres menjelaskan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran kapal feri KMP Transip 1 tersebut. "Alhamdulillah secara keseluruhan berkat kesigapan dari teman-teman ASDP, Polres, TNI, Basarnas, seluruh penumpang selamat," katanya.

Kondisi kapal juga selamat utuh dan seluruh kendaraan yang ada di dalam kapal selamat. Hanya satu saja, ini pun (truk JNT Cargo) selamat, hanya beberapa barang saja yang terbakar," ujarnya. (HBM).