Helo Indonesia

Jelang Hari Santri Nasional, MAJT akan Gelar Istigasah dan Salat Istisqa

Rabu, 18 Oktober 2023 06:56
    Bagikan  
Jelang Hari Santri Nasional, MAJT akan Gelar Istigasah dan Salat Istisqa

Agenda MAJT jelang Hari Santri Nasional

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM - Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) akan menyelenggarakan berbagai kegiatan menjelang peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2023. Salah satu kegiatan yang akan segera dilaksanakan adalah Salat Istisqa yang akan digelar pada Jumat, 20 Oktober, setelah salat Jumat.

''Salat Istisqa akan dilaksanakan setelah shalat Jumat di Plaza MAJT atau di bawah payung. Sebagai imam salat KH Ulil Abshor Al Hafidz dan khatib KH Hanif Ismail Lc. Sedangkan istigasah akan dipimpin KH Hadlor Ikhsan,'' jelas H Istajib AS, Ketua Panitia HSN MAJT 2023, Rabu 18 Oktober 2023.

Baca juga: Besok Ganjar-Mahfud Deklarasi, Prabowo Galau, Bargaining Position Jokowi ke Megawati Makin Sempit

Dia menambahkan, salat Istisqa di MAJT diselenggarakan karena musim kemarau tahun ini cukup panjang dengan suhu udara yang panas dan di Jateng banyak daerah yang sudah mengalami kekeringan, sehingga dengan salat Istisqa dan istigasah ini semoga Allah SWT mengabulkan doa umatnya untuk segera menurunkan hujan.

Istajib mengajak kepada kaum muslimin di Semarang dan sekitarnya hadir dan mengikuti salat istisqa di MAJT. ''Melalui salat istisqa, mudah-mudahan doa kita dikabulkan Allah SWT, sehingga wilayah Jateng segera turun hujan,'' ujar Istajib.

Sedangkan rangkaian HSN yang juga akan segera digelar di MAJT, yakni istigasah Hari Santri Nasional 2023 yang akan dipimpin KH Amdjad Al Hafidz MPd. Kegiatan tersebut akan dilaksanakan Kamis (19/10/2023) besok setelah shalat Isya di ruang utama MAJT.

Baca juga: Manfaat Daun Serai untuk Kesehatan: Khasiat Luar Biasa dari Tumbuhan Aromatik

Sedangkan pada puncak HSN 2023 akan menggelar upacara Hari Santri Nasional 2023 di Lapangan Prasasti Peresmian MAJT, Minggu 22 Oktober 2023. Upacara akan dilaksanakan pukul 06.30 WIB. Tema HSN pada tahun 2023 ini adalah 'Jihad Santri Jayakan Negeri'.

''Puncak peringatan HSN 2023, panitia HSN MAJT akan menggelar upacara HSN yang akan diikuti para ulama dan para kiai di Kota Semarang, serta karyawan MAJT dan sejumlah mitra MAJT,'' pungkas Istajib. (Aji)