Helo Indonesia

Pj Bupati Mulyadi Lantik Pengurus TP PKK dan Dekranasda Tanggamus

Nabila Putri - Nasional -> Peristiwa
Jumat, 13 Oktober 2023 22:53
    Bagikan  
Pj Bupati Mulyadi Lantik Pengurus TP PKK dan Dekranasda Tanggamus

(Foto Ist)

LAMPUNG,HELOINDONESIA.COM -- Pj Bupati Tanggamus Ir. Mulyadi Irsan, MT melantik Pengurus Tim Penggerak PKK (TP-PKK) dan Ketua Dekranasda setempat masa bakti 2023-2024 di Aula Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tanggamus, Jumat (13/10/2023).

Hadir pada kegiatan tersebut Sekdakab Drs. Hamid Heriansyah Lubis, MSi, Ketua TP-PKK sekaligus ketua Dekranasda drg. Hellen Veranica Mulyadi, MKes, Ketua Dharma Wanita Nur'ani Lubis, Kepala Kemenag, para kepala OPD, para pengurus TP-PKK dan Dekranasda setempat.

Pelantikan Hellen sebagai ketua TP-PKK Kabupaten Tanggamus tertuang dalam SK Bupati Tanggamus No.B.323/PKK/2023 sedangkan sebagai ketua Dekranasda berdasarkan SK Dewan Kerajinan Nasional Daerah Provinsi Nomor : 08/DEKRANASDA/SK/X/2023.

Baca juga: Bawaslu Pesibar Rakor Sengketa Cepat Panwascam

Pada acara itu, ada 40 pengurus TP PKK dan 32 pengurus Dekranasda yang juga ikut dilantik Mulyadi Irsan. "TP- PKK Tanggamus harus bisa memperdayakan keluarga yang ada di Tanggamus," pesannya.

Alasan dia, keluarga merupakan kelompok terkecil dari masyarakat dan harus diperdaya untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga itu sendiri. "Jadi tidak serta merta PKK ini sekumpulan ibu-ibu mengisi waktu kosong saja," kata Pj.

Dia berharap kepada TP PKK yang baru dilantik memiliki kepedulian lebih terhadap keluarga, kelompok yang ada di Kabupaten Tanggamus. "Melakukan perubahan yang menjadi keinginan seluruh masyarakat di Tanggamus," katanya.

Mulyadi Irsan juga meminta kepada TP PKK Tanggamus untuk memiliki target dalam kegiatannya. Sehingga TP PKK Tanggamus memiliki daya guna kepada masyarakat yang ada di Kabupaten Tanggamus.

Baca juga: Nanda Indira Dendi Bersama Baznas Bedah Rumah Layak Sehat

"TP PKK Tanggamus ini harus fokus dan memiliki target sebagai bagian dari pemerintah sebagai tranformasi pembangunan dalam isu kemiskinan," tambahnya.

Dalam pelantikan tersebut, Pj Bupati Tanggamus Mulyadi Irsan meminta Dekranasda agar menjadi jembatan antara pengrajin dengan informasi.

Pj Bupati Tanggamus Mulyadi Irsan juga meminta kepada Dekranasda Tanggamus agar memfasilitasi kendala yang ada di tengah para pengrajin.

"Apa saja kendalanya seperti keterbatasan modal, tidak punya pengetahuan, dan kurang maksimal dalam produksi," ucap Mulyadi Irsan

Tak hanya itu, ia juga meminta agar para Dekranasda Tanggamus harus memfokuskan diri dalam peningkatan kerajinan di Tanggamus.

"Pengurus baru harus maknai Dekranasda itu apa yaitu kerajinan dan itu harus di fokuskan," kata dia.

Baca juga: Temu 42 Wadah Relawan Ganjar Pranowo se-Lampung

Kemudian, Hellen Veranica Mulyadi selaku Ketua TP PKK Tanggamus dalam sambutannya mengatakan, 40 orang yang di lantik tersebut terdiri dari Sekertaris, Bendahara, dan Ketua Bidang sampai dengan Ketua Pokja.

"Dari 40 orang itu terdiri dari 37 orang perempuan dan 3 orang laki-laki," kata Hellen Veranica.

Ia menambahkan, organisasi TP PKK Tanggamus ada organisasi kemasyarakatan yang ikut turun dalam pembangunan mendorong pembangunan daerah.

Tim TP PKK ini juga, bertujuan untuk membantu pemerintah dalam mewujudkan keluar yang sejahtera.

Selain itu, tujuan dari tim TP PKK ini juga untuk memajukan keluarga, mandiri, serta untuk membangun potensi dan peran perempuan dalam meningkatkan pendapatan keluarga.

Dirinya juga meminta, agar seluruh tim TP PKK Tanggamus bisa selalu berkoordinasi dengan pihak pemerintah. (Hadi)