bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Pj Bupati Zaidirina: Tubaba 14 Tahun Menuju Perubahan Lebih Baik

Helo Lampung - Nasional -> Peristiwa
Senin, 3 April 2023 21:28
    Bagikan  
Pj Bupati Zaidirina: Tubaba 14 Tahun Menuju Perubahan Lebih Baik

Saat Rapat Paripurna Berlangsung (Foto Rohman/Helo Indonesia Lampung)

LAMPUNG-HELOINDONESIA.COM -- Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) Lampung hari ini tanggal 03 April 2023 genap berusia 14 tahun, dapat kita rasakan bersama Tubaba bergerak sangat dinamis. Setapak demi setapak perubahan menuju ke arah yang lebih baik senantiasa terlihat dalam kehidupan masyarakat di daerah ini.

Demikian itu, diungkapkan Penjabat (Pj) Bupati Tubaba, Zaidirina saat menghadiri Rapat Paripurna Istimewa DPRD dalam rangka memperingati hari jadi kabupaten Tulangbawang Barat ke-14 Tahun 2023, dengan mengusung tema " Kolaborasi dan Sinergi Bersama Menuju Tubaba" Senin (3/4/2023).

"Kita rasakan bersama Kabupaten Tubaba bergerak sangat dinamis. Dalam memandang kemajuan-kemajuan yang telah dicapai oleh Kabupaten Tubaba hingga di usianya yang memasuki 14 tahun, tentunya harus tetap berlandaskan kejernihan hati dan pikiran, serta tetap mengedepankan sikap serta pandangan yang bijaksana dan proporsional," ujarnya.

Sungguhpun dengan berbagai keterbatasan, lanjut Zaidirina, akan tetapi berkat kolaborasi dan sinergi kita bersama, antara jajaran Pemerintahan Daerah, DPRD, Dunia Usaha serta  para tokoh dan seluruh unsur masyarakat, maka Kabupaten Tubaba telah berhasil memperoleh berbagai prestasi yang sangat membanggakan di Tahun 2022, baik di tingkat provinsi maupun di tingkat nasional diantaranya :
1.Penghargaan dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak sebagai Kabupaten Layak Anak Kategori Pratama.
2.Penganugerahan Inovasi Mesin Pencacah dan Penepung Multiguna juara 1 Tingkat Nasional pada acara Teknologi Tepat Guna (TTG) XXIII Unggulan.
3.Penghargaan sebagai Kabupaten Peduli HAM oleh Menteri Hukum dan HAM pada Peringatan HAM sedunia ke-74.
4.Penghargaan Opini WTP 10 kali berturut-turut untuk LKPD oleh Menteri Keuangan.
5.Penghargaan dalam bentuk sertifikat Eradikasi Frambusia atau bebas Frambusia Oleh Menteri Kesehatan.
6.Penghargaan Sarana Implementasi Program Kartu Bertani Berjaya terlengkap se-Provinsi Lampung dari Gubernur Lampung.

Prestasi maupun penghargaan ini tentu sejalan dengan peningkatan capaian keberhasilan pembangunan Kabupaten Tubaba berdasarkan indikator kinerja makro yang didukung oleh seluruh perangkat daerah diantaranya :

- Pertumbuhan perekonomian di Kabupaten Tulang Bawang Barat Tahun 2022 mencapai 4,44 persen meningkat bila dibandingkan Tahun 2021 yang hanya sebanyak 2,89 persen.

Tentunya ini patut kita syukuri bahwa Kabupaten Tulang Bawang Barat memperoleh tren pertumbuhan ekonomi yang positif dari tahun ke tahun. Pendapatan perkapita juga mengalami peningkatan dari tahun 2021 sebesar 41,57 juta rupiah di tahun 2022 menjadi 45,69 juta rupiah.

- Melalui berbagai program dan kegiatan penanggulangan kemiskinan yang telah diupayakan pemerintah daerah, telah menjadi penurunan angka kemiskinan menjadi 7,44 persen dari tahun 2021 sebesar 8,32 persen  dan Gini Rasio atau perbandingan ketimpangan pengeluaran masih lebih baik dibandingkan provinsi maupun nasional di angka 0,261.

- Indeks Pembangunan Manusia Kabupaten Tubaba masih dibawah angka IPM Provinsi Lampung maupun Nasional dengan nilai 67.13 di Tahun 2022. Namun angka tersebut selalu mengalami kenaikan setiap tahunnya. Demikian pula komponen pendukung IPM selalu mengalami kenaikan, di tahun 2022, Angka Harapan Hidup senilai 70,23 tahun, Rata-Rata Lama Sekolah  7,72 tahun, Harapan Lama Sekolah 12,09 tahun dan Pengeluaran Perkapita pertahun 8,737 juta.

- Pada sektor infrastruktur sarana dan prasarana, baik Pemerintah maupun umum, juga terus kita tingkatkan ketersediaan dan kualitasnya, terutama sarana dan prasarana daerah yang akan mendukung pelaksanaan pelayanan, pendidikan, kesehatan, transportasi, pemukiman dan lain-lainjut.

Selanjutnya, program unggulan dalam peningkatan perekonomian yang sudah berjalan di tahun 2022 dan Insyaa Allah akan dilanjutkan di tahun selanjutnya terdiri dari 
1.Program Mandiri Pangan yang terdiri dari kolam Kebun Kandang dan Wisata.
2.Pasar Ternak, pasar ternak terpadu dengan pusat data dan informasi ternak, bank pakan dan demplot budidaya
3.Pendukung E-KPB yang terintegrasi dengan Smart Village (tiyuh calak)
4.Dalam pelaksanaan Tugas Pengendalian Inflasi dilakukan dengan melakukan identifikasi permasalahan, langkah-langkah yang dilakukan oleh TPID dan Satgas Pangan serta rekomendasi kebijakan dalam pengendalian inflasi daerah.

"Untuk itu, dalam suasana HUT ke-14 ini, saya mengajak kepada segenap warga masyarakat di daerah ini untuk memanjatkan rasa syukur atas berbagai kemajuan yang dicapai, dan di hari yang sangat berbahagia secara khusus saya juga kembali menyampaikan penghargaan dan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada para tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh pendidikan, Panitia Pemekaran Kabupaten Tubaba dan juga kepada segenap anggota masyarakat lainnya, yang dengan penuh ketulusan telah mencurahkan tenaga dan pikiran untuk kemajuan Kabupaten Tubaba. Jaga Kolaborasi dan Sinergi, Bersama kita Menuju Tulang Bawang Barat yang mandiri, maju, sejahtera dan berdaya saing," imbuhnya (Rohman).