5 Amalan di Malam Jumat Sayang untuk Dilewatkan

Kamis, 16 Mei 2024 16:42
Apa saja Amalan di malam jumat freepik

HELOINDONESIA.COM - Meskipun semua hari dipandang baik, namun hari Jumat dipandang isstimewa dan disebut sebagai Penghulu hari atau Sayiddul Ayyam.

Oleh karena itu, dianjurkan pada malam jumat atau hari jumat umat islam melakukan sunah-sunah atau amalan-amalan yang baik dilakukan oleh umat islam.

Lantas amalan-amalan apa saja yang disunahkan untuk dilakukan di malam jumat? Simak berikut ini!

Baca juga: Tetap Slay Walau Ada Jerawat, Ini Tips Pakai Pimple Patch Agar Tidak Terlihat di Bawah Makeup

1. Membaca Surat Yaasin

Keutamaan membaca Surat Yaasin disebutkan dalam sebuah hadits riwayat Abu Daud. "Barangsiapa membaca surat Yasin dan As-Shaffat di malam Jumat, Allah mengabulkan permintaannya." (HR Abu Daud dari al-Habr).

Bagi mereka yang membaca Surat Yaasin makan akan dikabulkan hajatnya.

2. Membaca surat Al-Kahfi

Dari riwayat Imam Syafi'i dijelaskan bahwa Membaca surat Al-Kahfi bisa melindungi kita dari fitnah Dajjal. Riwayat lain menyebutkan bahwa orang yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat akan mendapatkan ampunan dari Allah dan disinari cahaya pada hari kiamat kelak.

3. Salat Tahajud

Amalan berikutnya adalah disunahkan untuk malkukan Salat Tahajud. Allah SWT berfirman dalam Al-Qur'an surat Al-Isra ayat 79 tentang anjuran sholat tahajud.

وَمِنَ ٱلَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِۦ نَافِلَةً لَّكَ عَسَىٰٓ أَن يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَّحْمُودًا

Artinya: Dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji

Baca juga: Demi Sumpah Injak Al-Quran Depan Istri, Kepala OTBAN Wilayah X Merauke Viral jadi Sorotan

4. Zikir dan Sholawat diperbanyak

Rasulullah SAW bersabda:

"Setiap doa akan terhalang (untuk dikabulkan) hingga dibacakan salawat kepada Muhammad dan keluarganya." (HR Thabrani).

Rasulullah SAW bersabda: "Sesungguhnya orang yang bersalawat kepadaku sekali, maka Allah akan bersalawat untuknya sepuluh kali. Lalu, mintalah kepada Allah wasilah untukku karena wasilah adalah sebuat tempat di surga yang tidak akan dikaruniakan, melainkan kepada salah satu hamba Allah. Dan, aku berharap bahwa akulah hamba tersebut. Barang siapa memohon untukku wasilah, maka ia akan meraih syafaat." (HR Muslim).

5. Memperbanyak Doa

Amalan selanjutnya adalah kita dianjurkan untuk bermunajat dan meminta doa pada Allah SWT.

Rasulullah bersabda, :Di dalamnya terdapat waktu. Jika seorang muslim berdoa ketika itu, pasti diberikan apa yang diminta” lalu beliau mengisyaratkan dengan tangannya tentang sebentarnya waktu tersebut.

Itulah beberapa amalan di malam jumat yang bisa dilakukan dan sayang untuk dilewatkan!

Berita Terkini