Muncus Rakit Motor Rongsok Jadi Hand Traktor dan Angkutan Petani

Jumat, 24 Maret 2023 11:19
Munchus saat uji angkutan untuk petani (Foto Zen Gunarto/Helo Indonesia Lampung)

LAMPUNG, HELOINDONESIA,COM -- Muncus Susanto menjadi solusi bagi para petani yang memiliki lahan sempit dan kocek tipis. Dia memodifikasi dan merakit sepeda motor bekas dari barang rongsok jadi hand traktor, kendaraan angkut, dan lainnya.

"Kita orang tani, inisiatif sendiri biar petani mudalahlah untuk mengolah ladang dengan perbaikan mesin yang tak sulit, setiap bengkel bisa," katanya di Buminabung Selatan, Kabupaten Lampung Tengah.

"Sepeda motor yang sudah jadi rongsok namun suratnya lengkap jadi traktor tangan dan kendaraan angkut hasil panen atau pupuk," ujarnya kepada "Helo Indonesia Lampung", Kamis (23/3/2023).

Dia mengaku sudah dua tahun membuka bengkel pembuatan alat-alat pertanian sederhana untuk membantu para petani yang lahannya tidak begitu luas,  hanya ukuran rante, namun bisa membantu mengerjakan ladang mengangkut pakan..

Untuk mesin bajak dan mobil angkutan mini, dia bisa selesaikan dalam waktu 15 hari. Harganya juga sangat murah dibandingkan mesin serupa pabrikan, kisaran Rp6 juta - Rp12 jutaan per unit tergantung harga sepeda motor yang hendak digunakananya. (Zen Sunarto)

Berita Terkini