Simak, Cara Mengemudi Harian Agar Irit BBM

Rabu, 24 Mei 2023 23:56
(Ist) Foto : Ist

HELOINDONESIA.COM - Hemat pengeluaran BBM sudah pasti menjadi hal yang diinginkan setiap pengguna kendaraan baik mobil. 

Konfigurasi mesin dan spesifikasi kendaraan menjadi faktor mendasar kendaraan bisa irit. Diluar itu, gaya berkendara penggunanya, ikut mempengaruhi.

Berikut 5 tips mengemudi agar irit BBM mobil dilansir berbagai sumber.

Menjaga Kecepatan Mobil

Cara pertama agar irit BBM mobil adalah dengan menjaga kecepatan. Laju kendaraan yang kencang akan membuat BBM menjadi boros. Namun sebaliknya akan lebih irit jika dengan kecepatan konstan 60-80 km per jam.

Baca juga: Ancelotti Perbandingkan Liga Inggris dan LaLiga: di Spanyol Seperti Mau Perang

Menjaga Putaran Mesin Mobil

Untuk menjaga agar irit BBM mobil, pengendara harus menjaga mesin agar tetap dalam putaran rendah. Kinerja mesin dalam putaran tinggi atau RPM di atas 2.000 akan membuat kendaraan menjadi lebih banyak menyedot bahan bakar.

Gunakan Transmisi Manual

Pada mobil transmisi manual, pengendara harus memindahkan gigi secara tepat untuk membuat BBM yang terpakai tidak terlalu banyak. Kebiasaan pemindahan gigi yang terlambat akan membuat RPM mesin tinggi sehingga boros BBM.

Maksimalkan Engine Brake

Cara lain untuk irt BBM mobil adalah memaksimalkan engine brake saat mengurangi kecepatan mobil. Pengendara dituntut mengetahui jalur yang dilalui agar mengetahui waktu terbaik untuk mengurangi kecepatan mesin sehingga tidak menggunakan rem secara mendadak.

Baca juga: PPP Ungkap Keberlanjutan KIB Ditentukan Golkar dan PAN

Hindari Akselerasi dan Pengereman Mendadak

Pengendara mobil perlu menjaga kecepatan tetap konstan saat berkendara di jalanan. Hindari akselerasi (menginjak gas) secara tiba-tiba atau pengereman secara mendadak agar tetap irit BBM mobil

Berita Terkini