HELOINDONESIA.COM - Sejumlah pabrikan motor asal Jepang mulai meluncurkan motor listrik di Indonesia, sebut saja Honda dengan EM1 e: dan Kawasaki lewat Ninja e-1 dan Z e-1.
Dengan hal tersebut artinya tinggal Yamaha dan Suzuki saja yang belum memiliki rencana dalam pengembangan elektrifikasi.
Sebenarnya, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) sudah mengenalkan motor listrik E01 sejak November 2022.
Saat itu, Yamaha merilis Proof of Concept, yaitu sebuah program uji coba yang diselenggarakan di Jakarta, Bandung, Bali, dan Medan.
Uji coba tersebut mengumpulkan data dan menerima saran dari sejumlah konsumen bahkan juga dilakukan di negara-negara Asia, seperti Jepang, Taiwan, Malaysia, dan Thailand.
Baca juga: RUU DKJ Dinilai Kembalikan Indonesia ke Zaman Orba
Namun demikian, motor listrik Yamaha tidak kunjung meluncur di Indonesia.
Padahal bila melihat negara lain seperti Vietnam dan Eropa, sudah ada Yamaha Neos yang mengusung model baterai swap.
Direktur Pemasaran PT YIMM Hiroshi Takeyama, mengatakan bahwa pihaknya memiliki rencana untuk menjual motor listrik di Indonesia.
“Ya, kami punya rencana menjual motor listrik, tapi saya tidak yakin (tahun depan). Kita mungkin berhenti, kita mungkin akan melanjutkan (riset E01). Saat ini kami sudah melakukannya, hampir satu tahun,” kata Hiroshi, dilansir Selasa, (12/12/2023).
Meski begitu, Hiroshi mengatakan, pihaknya tengah serius dalam mengembangkan motor listrik.
Baca juga: Xiaomi Resmi Merilis HP Terbarunya, Redmi 13R 5G Dibanderol Rp 2,1 juta
Tetapi, keputusan mengenai peluncuran produk kembali pada prinsipal di Jepang.
“Namun di Jepang, orang-orang teknik mengumpulkan data dari tes ini. Mungkin suatu saat di tahun depan, mereka akan berkomitmen ke Yamaha Indonesia, tergantung hasilnya. Dengan cara ini, sudah selesai, atau silakan lanjutkan (riset E01) sedikit lagi,” kata Takeyama.
Ia juga mengungkapkan, yamaha akan mengumumkan dalam waktu dekat mengenai motor listrik di Indonesia.
“Mereka (prinsipal Yamaha) mungkin akan mengumumkan sesuatu tidak lama lagi. Jadi tunggu saja,” ucap dia.