bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

GIIAS Digelar, Kota Semarang Dinilai Miliki Peluang untuk Pengembangan Industri Otomotif

Kamis, 19 Oktober 2023 06:52
    Bagikan  
GIIAS Digelar, Kota Semarang Dinilai Miliki Peluang untuk Pengembangan Industri Otomotif

OTOMOTIF: Pembukaan pameran otomotif GIIAS The Series 2023 digelar kembali di Marina Convention Center Kota Semarang, Rabu (18/10/2023). Sekda Jateng Soemarno berkesempatan hadir di acara tersebut Foto: Ist

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM -Pameran otomotif GIIAS (Gaikindo Indonesia International Auto Show) The Series 2023 digelar kembali di Marina Convention Center Kota Semarang, Rabu (18/10/2023). Pameran industri otomotif terbesar ini akan berlangsung sampai Minggu (22/10/2023).

Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Yohannes Nangoi mengatakan, Kota Semarang mempunyai peluang menjadi tempat berkembangnya industri otomotif.

"Saya lihat Kota Semarang potensinya besar dan tujuan kami mengejar investor datang ke sini," kata Yohannes ditemui di sela acara, merespon kebijakan Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu yang memberikan kemudahan perizinan investasi.

Yohannes menyebut, potensi Ibu Kota Jawa Tengah menjadi pusat investasi terlihat ketika perhelatan GIIAS Semarang tahun lalu yang berlangsung sukses. Dibuktikan pada tahun ini, peserta pameran juga makin bertambah.

Industri

"Semarang adalah Ibu Kota Jawa Tengah dan industri otomotifnya sangat tumbuh di sini, jadi kami sangat terkesan. Untuk itulah pameran otomotif kembali digelar di kota Semarang," katanya.

Meski begitu, dia mengakui, ihwal keinginan investor mendirikan pabrik di Kota Semarang masih rendah. Namun, Yohannes menyebut, ada alternatif lain yaitu, Kawasan Industri Batang yang kini sedang didorong menjadi magnet investasi.

Pihaknya selalu berkomunikasi dengan Pemkot Semarang dan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah perihal kran investasi. Menurutnya, Kota Semarang dan Jawa Tengah pada umumnya siap menyambut dan memfasilitasi kedatangan para investor.

"Investasi untuk pabrik di Kota Semarang belum terlalu besar, tetapi ini (GIIAS 2023-red) adalah salah satu yang kami tuju agar (investor-red) lebih percaya, agar mereka melihat Jawa Tengah adalah tempat yang bagus untuk melakukan investasi," ujarnya.

Investasi

Seperti yang diberitakan sebelumnya, Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu memastikan kemudahan perizinan bagi para investor yang akan menanamkan investasinya di Kota Semarang untuk mendorong pertumbuhan ekonomi daerah.

Mbak Ita, sapaan akrab Wali Kota Semarang menyebut, potensi dan investasi di Kota Semarang terus ditingkatkan. Beberapa di antaranya yaitu, memudahkan akses, fasilitas, hingga kemudahan perizinan bagi investor.

Dalam perkembangan, banyaknya investor yang terus melirik Kota Semarang untuk berinvestasi karena kemudahan perizinan dan beragam fasilitas yang diberikan Pemkot Semarang.

"Dukungan dari Pemkot Semarang, pasti yang pertama kemudahan perizinan. Selama itu sudah mengikuti aturan, kenapa harus lama prosesnya? Pasti kita akan percepat perizinan," ujarnya. (ADE)