Kota Semarang Targetkan Lima Besar di Peparprov Jateng

Selasa, 5 September 2023 07:25
Para paralimpian NPCI Kota Semarang berfoto bersama saat pelepasan kontingen di Balai Kota Semarang

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM - National Paralympic Committee Indonesia (NPCI) Kota Semarang menargetkan lima besar pada Pekan Paralimpik Provinsi (Peparprov) Jateng IV Pati 2023, 9-14 September mendatang.
Tampil di delapan cabang olahraga, kontingen darin ibu kota Jateng ini membidik 11 emas pada ajang mulitcabang empat tahunan khusus paralimpian tersebut.

Kedelapan cabor yang dikuti meliputi atletik, tenis meja, bulu tangkis, renang, goal ball, angkat berat, catur, dan blind judo. Kota Lumpia berkekuatan 30 atlet/pemain didampingi tujuh pelatih dan 16 ofisial.

Ketua Umum NPCI Kota Semarang Nur Sholikin mengatakan, target ini melihat prestasi paralimpian Kota Semarang di berbagai ajang. Seperti Siti Mahmudah yang meraih emas pada ajang ASEAN Para Games Kamboja 2023, beberapa waktu lalu.

''Selain itu, ada Jumadi yang juga meraih medali pada ASEAN Para Games 2023 lalu. Lalu, kami juga diperkuat paralimpian muda yang tampil pada Peparpeda Jateng, Mei lalu. Kami optimistis, bisa meraih posisi lima besar pada Peparprtov kali ini,'' tutur Nur Sholikin saat pelepasan kontingen NPCI Kota Semarang di Balai Kota, Senin 4 September 2023.

Berusaha Maksimal

Adapun cabang yang diharapkan mampu menyumbang medali yakni angkat berat, atletik, blind judo, tenis meja, dan bulu tangkis. Namun, tak menutup kemungkinan cabang lain seperti renang dan catur mampu menyumbang emas bagi Kota Semarang. Sebab, persiapan yang dilakukan sangat maksimal.

''Kota Surakarta, Salatiga, dan Cilacap masih menjadi kekuatan utama paralimpian di Jateng,'' tutur pria yang juga advokat itu.
Kontingan NPCI Kota Semarang dilepas oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Semarang Fravarta Sadman yang mewakili Wali Kota Semarang. Fravarta berharap, semua paralimpian berusaha maksimal dan menjaga sportivitas saat bertanding/berlomba.

''Pemerintah Kota Semarang, berusaha semaksimal mungkin mendukung paralimpian untuk berprestasi. Jangan hanya puas pada Peparprov. Harus berusaha keras menjadi bagian dari Jateng untuk Peparnas Medan 2024 nanti,'' tutur Fravarta.

Seperti atlet/pemain yang bertanding pada Porporv Jateng XVI 2023, katanya, pemerintah juga menyiapkan apresiasi bagi atlet/pemain disablitas yang terjun di Peperprov IV. ''Namun, jangan memikirkan dulu soal itu (apresiasi) terpenting adalah berjuang maksimal di Pati nanti,'' pungkasnya. (Aji)

Berita Terkini