Taj Yasin Sebut Porprov adalah Pintu Masuk untuk Buktikan Jateng Berkontribusi bagi Olahraga Nasional

Rabu, 5 Juli 2023 19:53
Wagub Jateng Taj Yasin Maimoen (berpeci) ikut menyaksikan acara penandatangan kerjasama antara KONI Jateng dengan Kejati Jateng

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM - Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen menilai, Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jateng 2023 yang akan digelar di Pati Raya 5-11 Agustus mendatang sebagai pintu masuk bahwa Jateng bisa membuktikan berkontribusi bagi olahraga nasional.

Hal tersebut disampaikan wagub usai membuka Chef de Mission Meeting Porprov Jateng XVI, di Hotel UTC Semarang, Rabu 5 Juli 2023.
''Porprov juga menjadi jembatan bagi para atlet untuk masuk dalam kontingen Jateng setiap ada even-even nasional, dan kelak harapan saya mereka bisa menjadi atlet nasional untuk tampil di laga internasional,'' tandas Taj Yasin.

Taj Yasin menambahkan, penyelenggara Porprov memastikan kompetisi akan menjunjung tinggi integritas dan kejujuran. Salah satu upayanya, lanjut wagub, KONI Jateng maupun KONI di wilayah Pati Raya, melakukan perjanjian kerjasama dengan pihak Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah dan Kejaksaan Negeri.

"Ini untuk menunjukkan bahwa olahraga yang diadakan oleh Panitia Besar Porprov, baik itu di provinsi maupun di kabupaten/ kota se-Pati Raya yang menyelenggarakan, menjadi tuan rumah, benar-benar ingin menunjukkan bahwa ini adalah pertandingan murni, untuk memberikan semangat kepada para atlet, kepada masyarakat, bahwa ini tidak ada rekayasa yang biasanya, mohon maaf, ada oknum-oknum," kata Taj Yasin.
Pembangunan Karakter

Wagub berpesan, ajang Porprov XVI bertema "Satukan Langkah Menuju Jateng Berprestasi" harus bisa membuat masyarakat perhatian terhadap pentingnya olahraga. Menurutnya, olahraga mampu menciptakan pembangunan karakter, sehingga dapat dijadikan media untuk membangun kepercayaan diri, mengaktualisasi identitas bangsa, serta menjadi sarana memupuk kebanggaan nasional.

Selain itu, olahraga juga berdampak bagi kehidupan ekonomi masyarakat. Wagub mencontohkan, pada penyelenggaraan Asean Paragames beberapa waktu lalu di Surakarta, banyak pihak mendulang rezeki. Seperti hotel, rumah makan dan UMKM.

Dalam kegiatan CDM Meeting Porprov diadakan penandatanganan perjanjian kerjasama antara KONI Jateng dengan Kejaksaan Tinggi tentang Penanganan Masalah Hukum Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara. Penandatangan dilakukan oleh Ketua Umum KONI yang sekaligus Ketua Umum PB Porprov Bona Ventura Sulistiana dan Kajati Jateng I Made Suarnawan.

Usai penandatanganan, Suarnawan menyampaikan apresiasi terhadap langkah KONI yang melakukan akuntabilitas dalam penggunaan anggaran yang bersumber dari belanja barang dan jasa. Dia berharap, ada proses kebersamaan agar hasilnya baik. (Aji)

Berita Terkini