Tiga Srikandi Jateng Berhasil Panah Emas Pertama di PON

Rabu, 18 September 2024 05:54
Tiga pemanah putri Jateng yang merebut emas di nomor nasional beregu putri PON

BANDA ACEH, HELOINDONESIA.COM - Cabang panahan Jawa Tengah akhirnya berhasil memperoleh medali emas pertamanya melalui nomor nasional beregu putri pada ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh Sumut 2024.

Menurunkan tiga srikandinya, yaitu Assfiya Putri Elzahra, Puspita Ratu Ardhipta, dan Vetara Nabil Yahya Hartanto, Jateng meraih medali emas laga yang digelar di komplek GOR Harapan Bangsa Banda Aceh, Selasa 17 September 2024.

Trio pemanah Jateng ini menjadi yang terbaik dengan mengemas total nilai 2.606. Sedangkan medali perak direbut oleh atlet asal Kalimantan Timur yakni Fatimah Az Zahra, Gavrila Ayundha Eka Purwanto, dan Najwa Andina Azzahra dengan nilai total 2.594.

Baca juga: Baru Dibentuk 3 Bulan Jelang PON, Tiga Karateka Jateng Berjaya di Nomor Kata Beregu Putra

Untuk peringkat tiga atau medali perunggu direbut oleh atlet tuan rumah Aceh atas nama Karmila Indria Putri, Rifaya Nailah, dan Rihadatul Ais dengan total nilai 2.588.

Raihan medali emas ini bagi Jateng ini merupakan yang pertama sejak penyelenggaraan cabang panahan digelar PON. Sebelumnya di beberapa nomor atlet panahan Jateng selalu mencapai final, namun belum beruntung dan hanya mendapatkan medali perak dan perunggu.

Sempat Khawatir

Sekum Perpani Jateng Martin Sudarmono sangat bangga dan bersyukur dengan capaian medali emas atlet putrinya di nomor ini. Apalagi selama pertandingan, cuaca hujan dan angin sempat membuat khawatir dan mempengaruhi penampilan atletnya.

’Alhamdulillah akhirnya mendapatkan medali emas di nomor beregu putri nasional. Cuaca ekstrem sangat berpengaruh. Apalagi sejak pagi hujan disertai angin di lokasi. Pemain kami kaget. Tapi kami akhirnya bisa fokus, dan Jateng bisa di posisi satu,’’jelas Martin.

Baca juga: Hasil Lengkap Liga Champions: Liverpool dan Real Madrid Kompak, Bayern Munchen Cetak 9 Gol !

Martin berharap raihan medali emas ini bisa membuka kran medali emas untuk cabor panahan tim Jateng. Apalagi sebelumnya atlet panahan Jateng masuk final di lima nomor, namun hanya medapatkan medali perak dan perunggu.

‘’Dari kemarin Jateng masuk final, tapi belum dapatkan emas. Mudah-mudahan ini bisa menjadi awal kran untuk mendapatkan emas kembali,’’harapnya,

Hingga hari ini tim panahan Jateng sudah menyumbangkan satu medali emas, lima medali perak, dan 3 medali perunggu. Kesempatan masih ada untuk menambah medali emas, karena lima nomor akan dipertandingkan pada Rabu (18/9/2024) di venue yang sama. (Aji)

Berita Terkini