Baru Dibentuk 3 Bulan Jelang PON, Tiga Karateka Jateng Berjaya di Nomor Kata Beregu Putra

Selasa, 17 September 2024 22:13
Trio karatake Jateng peraih emas nomor kata beregu putra PON menerima bonus langsung dari Ketua Umum KONI Jateng Bona Ventura Sulistiana

DELI SERDANG, HELOINDONESIA.COM - Prestasi gemilang dibukukan trio karateka Jawa Tengah dengan menyabet medali emas nomor beregu putra pada PON XXI 2024 di Aceh dan Sumut.

Tim yang berkekuatan Detrina Sabda Nugraha, Christopher Edbert Setiabudi, dan Agyvan Rizky Pradana berjaya di nomor kata beregu putra pada pertandingan di GOR Serbaguna Universitas Negeri Medan (Unimed), Deli Serdang, Selasa 17 September 2024.

Baca juga: Dua Atlet Kakak Beradik dari Jateng Lolos ke Final Voli Pasir Putri PON

Trio karateka Jateng itu sukses mengungguli Banten yang diperkuat Nicky Hardiana Caesar, Abyan Al Fadhil, dan Rahmatullah Bagus Putra. Medali perunggu diraih tuan rumah Sumatera Utara (Sumut) dan DKI Jakarta.

Sedangkan untuk nomor kata beregu putri, Jateng meraih medali perunggu, medali emas diraih trio DKI Jakarta, dan medali perak karateka Sulawesi Selatan (Sulsel).

Jateng juga mendapat tambahan medali perunggu dari karateka Hera Irnandha pada nomor komite kelas 68 Kg putri.

Manajer karate Jateng, Bambang Wiryawan bersyukur dengan perolehan satu medali emas karena sudah sesuai target yang ditetapkan dari KONI Jateng.

“Perolehan medali karate sudah melebih target saya yakni satu medali emas dan satu perunggu. Ternyata sudah dapat satu emas serta tiga perunggu,” katanya ditemui Kabarku.net di sela pertandingan.

Tim karate Jateng masih berpeluang menambah medali dari Wahyu Mukti pada nomor komite di kelas -60 kg putra dan Hasna Hapsari di kelas -50 kg yang bertanding pada Rabu 18 September 2024.

Diluar Prediksi

Menurut Bambang, medali emas PON XXI 2024 ini setelah menanti selama 16 tahun, karena karate meraih medali emas terakhir pada PON di Kalimantan Timur pada 2008.

Baca juga: Cara Totok Wajah Sendiri di Rumah dan Manfaatnya untuk Kecantikan

Lebih lanjut, Bambang menyatakan perolehan medali emas dari nomor kata beregu putra diluar prediksi, karena baru dibentuk tiga bulan sebelum PON XXI 2024.

Pasalnya target medali emas karate Jateng adalah Hera Irnandha pada nomor komite kelas 68 kg putri, yang hanya mendapatkan medali perunggu.

“Kata beregu putra merupakan bentuk baru, kemudian kita poles ternyata hasilnya luar biasa sekali. Ini tidak diperhitungkan tim provinsi lain. Jadi di luar prediksi saya,” ujarnya.

Bambang menyatakan tiga karateka yang turun dalam kata beregu yakni Detrina Sabda Nugraha, Christopher Edbert Setiabudi, Agyvan Rizky Pradana masih muda sehingga dapat tampil di PON mendatang.

“Mudah-mudahan mereka akan dipanggil masuk Pelatnas, karena tadi Sekjen FORKIi ikut memantau langsung,” harapnya. (Aji)

Berita Terkini