Sifa Buktikan Jadi Ratu Balap BMX Tanah Air, Rebut Emas di PON XXI

Senin, 16 September 2024 17:32
Pembalap Jateng Amellya Nur Sifa (tengah) saat berada di podium teratas usai merebut emas nomor BMX putri

DELI SERDANG, HELOINDONESIA.COM - Pembalap sepeda Jawa Tengah, Amellya Nur Sifa berhasil membuktikan sebagai ratu balap sepeda BMX Tanah Air setelah menjuarai nomor BMX putri dalam ajang PON XXI/2024 yang berlangsung di Velodrome Dispora Sumut, Deli Serdang, Senin 16 September 2024.

Rider yang mengharumkan nama Indonesia dengan merebut medali emas Asian Games 2023 di Hangzhou tersebut menjadi bintang lintasan hari ini setelah menjadi yang tercepat dengan catatan waktu, 44,634 detik mengungguli para pesaingnya.

Baca juga: Bola Voli Putra Jateng Canangkan Target ke Final PON

Atlet DKI Jakarta, Rosida Stellina Romadhoni yang finish di peringkat kedua mencatat waktu lebih lambat yaitu 45,127 detik. Atlet Jawa Tengah lainnya, Latifa yang finish di tempat ketiga membukukan waktu 47,841 detik.

Usai laga, Pelatih BMX Jateng, Robert Agung Wahyudi tak bisa menyembunyikan kegembiraannya. Meski sudah target, namun ia sempat waswas.

Namun ia memuji strategi anak asuhnya yang dibangun secara spontan melihat situasi di lintasan.
''Sifa bilang, sebenarnya ia diincar untuk dikalahkan oleh lawan-lawannya (Maklum Sifa adalah pemegang medali emas Asian Games nomor yang sama),'' jelas Robert.

Baca juga: Dana Terbatas, 4 Atlet IBCA MMA Lampung Jalan Darat ke PON Medan

Karenanya, Sifa sengaja menunggu untuk mengambil alih di saat akhir. Dan hasilnya Sifa sukses meraih medali emas.

Ada yang menarik dari nomor BMX Putri ini, di mana Latifa yang meraih perunggu sebenarnya bukan atlet Pelatda Jateng (yang dibiayai KONI Jateng).

Latifa adalah atlet mandiri yang disisipkan oleh Pengprov ISSI Jateng agar bisa ikut PON Aceh Sumut 2024.
''Memang dia tidak masuk kuota atlet Pelatda Jateng. Tapi saya minta ke Pengprov agar dia dimasukkan karena catatan waktunya masuk lima besar nasional. Dan dia menjawab kepercayaan kami,'' ungkapnuya.

Harumkan Jateng
Kepada media, Sifa senang bisa berhasil membawa pulang emas dan mengharumkan nama Jateng di kancah olahraga nasional ini.

“Kalau target, sih, sudah pasti emas. Cuma inikan PON pertama saya dan mendapatkan emas. Sangat senang bisa menyumbangkan medali emas buat Jateng,” ungkapnya.

Baca juga: Pemain Sulteng yang Bogem Wasit di PON XXI Aceh-Sumut 2024 Cabang Sepakbola, Dapat Hukuman Dilarang Tanding 6 Bulan

Sifa pun mengungkapkan rahasia di balik suksesnya raihan emas itu. Dikatakannya, yang paling utama adalah tenang dan memperbanyak doa.

“Rahasianya ya tenang dan berdoa, itu saja. Hasil ini untuk semua. Orang tua, Jateng, dan semua lah teman-teman Jateng,” katanya.

Jateng sendiri, masih punya nomor BMX Putra yang akan diperlombakan pada Selasa, 17 September 2024 di tempat yang sama. (Aji)

Berita Terkini