Sabet Tiga Emas, Jateng Urutan Ketiga Cabang Pencak Silat PON XXI

Jumat, 13 September 2024 23:01
Tiga pesilat Jateng yang meraih emas, Safira Dewi Meilani, Ginting Baharudin Putra, dam Ni Gusti Yu Rosia Pratiwi

DELI SERDANG, HELOINDONESIA.COM - Kontingen Jawa Tengah menyabet tiga medali emas, satu perak, dan empat perunggu caban pencak silat PON XXI/2024 yang berakhir Jumat 13 September 2024 yang berakhir Jumat 13 September 2024 di GOR Veteran Dispora Sumatra Utara Deli Serdang, Sumut.

Hasil tersebut mengantarkan Jateng urutan ketiga perolehan emas cabang pencak silat, di bawah juara umum Jabar (5 emas, 5 perak, 3 perunggu), disusul Sumut (3 emas, 3 perak, 4 perunggu).

Baca juga: Persaingan Ketat, Nana Optimistis Peringkat dan Emas Jateng di PON XXI Bisa Naik

Tiga emas Jateng di final atau hari terakhir, disumbangkan masing-masing oleh pesilat Kudus Safira Dewi Meilani di kelas B putri, Ni Gusti Yu Rosia Pratiwi (kelas C putri), dan Ginting Baharudin Putra (kelas D putra).

Kelas B + 50 s/d 55 kg putri dalam partai final yang digelar di GOR Veteran Dispora Sumatra Utara Deli Serdang, Jumat (13/9), Safira mampu mengalahkan Fitri Mawarni (Kaltim) dengan skor 34-30.

Di laga final, Ni Gusti Yu Rosia menumbangkan pesilat Sumbar Winda Novi Yalni, sedangkan Baharudin mampu menaklukkan atlet Bali Kadek Andrey Nova.

Baca juga: Peduli Pendidikan, Bupati Semarang Serahkan Bantuan Sosial Siswa Miskin


Ketua Umum Pengprov IPSI Jateng Harry Nuryanto Kmengaku bersyukur akhirnya Safira Dwi Meilani bisa meraih emas pertama untuk Jateng di cabang pencak silat.

“Alhamdulillah sesuai target. Dia (Safira) salah satu andalan Jateng di pencak silat PON XII ini,” kata dia, usai pertandingan

Safira tidak hanya menjadi pesilat andalan Jateng namun juga andalan nasional. Dia juga telah mengharumkan nama Indonesia dalam ajang SEA Games di Kamboja 2023 dan Kejuaraan Dunia. (Aji)

Berita Terkini