Jalu Aji Tampil Bertaji, Rebut Emas Muaythai PON untuk Jateng

Rabu, 11 September 2024 09:38
Petarung Jateng Jalu Aji Darma saat memenangi partai final muaythai PON di Banda Aceh. Foto: pemprov jtg

BANDA ACEH, HELOINDONESIA.COM - Atlet muaythai Jateng Jalu Aji Darma Suseno tampil bertaji untuk menyumbangkan medali emas ketiga bagi kontingen Jawa Tengah. Turun di final kelas 71 kg, Jalu Aji mengalahkan petarung Oskar Silvester(Papua) di Balai Meuseuraya Aceh(BMA), Selasa malam 10 September 2024.

Selain medali emas, Jateng juga meraih medali perak atas nama Irvan Aji Maulana, yang sebelumnya dipastikan tampil di final usai dalam sidang PB PON, petarung Jateng tersebut dinyatakan menang. Di final Irvan bertanding di kelas 63,5 Kg bertemu petarung Indra Surya (Jabar), medali perunggu diraih Tiara kelas 60 kg.

Baca juga: Komandan Kontingen Jateng: Itu Filosofi Jawa, PON Dibuka Dulu Baru Koleksi Emas

Manajer Tim Muaythai Jawa Tengah Catur Puji Santoso usai pertandingan mengatakan, bersyukur Jateng masih meraih medali emas di PON XXI Aceh dan Sumut 2024 ini. Dia mengatakan, target emas yang diraih Jalu sesuai target pengurus.

“ Tetap bersyukur muaythai dapat menyumbang medali emas, perak dan perunggu untuk kontingen Jawa Tengah. Selain itu Tiara dan Irvan diharapkan emas, namun karena banyak dinamika di PON ini mempengaruhi raihan medali,” kata Catur.

Sangat Pesat

Menurut Catur, persaingan cabang olahraga muaythai sangat pesat terutama di kelas pertarungan. Ini menjadi evaluasi pengurus untuk lebih intens menggelar kejuaraan-kejuaraan daerah hingga provinsi.

“Pengurus harus mencari bibit dan regenerasi atlet untuk dipersiapkan di PON. Namun sebelumnya pengurus harus sering menggelar kejuaraan daerah dan provinsi untuk regenerasi,” imbuhnya.

Sedangkan pelatih muaythai Jawa Tengah, Yusuf Susilo mengatakan,atletnya telah berusaha dan berjuang menjadi yang terbaik di PON ini. Hasil Pra-PON tidak menjadi acuan di pertandingan sebenarnya yakni PON.

Baca juga: Prediksi Susunan Pemain Dewa United vs PSIS Semarang di Pekan Keempat BRI Liga 1 2024 - 2025

Menurut Yusuf, persaingan di Muaythai PON kali ini merata, banyak daerah daerah yang memiliki atlet bagus .
“Atlet Muaythai Jateng telah berusaha semaksimal mungkin di PON,Raihan satu emas,perak dan perunggu tetap disyukuri karena perebutan medali merata,” kata Yusuf.

Sementara cabor muaythai di PON XXI Aceh dan Sumut 2024 mempertandingkan 18 nomor final, 7 kelompok putri dan 11 kelompok putra. (Aji)

Berita Terkini