Lolos ke Final usai Tekuk Jabar, Tim Hoki Putri Jateng Berpeluang Raih Emas PON

Senin, 9 September 2024 20:16
Pemain hoki putri Jateng saat menggiring bola ketika berhadapan dengan Jabar.

MEDAN, HELOINDONESIA.COM - Tim hoki indoor putri Jawa Tengah memastikan lolos ke final setelah berhasil menekuk Jawa Barat dengan skor 5-3 dalam pertandingan babak penyisihan PON XXI Aceh-Sumut 2024.

Laga Jateng lawan Jabar ini berlangsung ketat di Gedung Serbaguna Universitas Negeri Medan (Unimed) pada Senin 9 September 2024.

Duel ini adalah merupakan partai terakhir untuk kedua tim di babak penyisihan. Dengan kemengan ini Jateng berhak atas tambahan tiga poin dan finish diperingkat kedua dengan poin 14, hasil dari 4 kali menang dan 2 kali seri.

Baca juga: Presiden Jokowi Resmikan Rehabilitasi dan Renovasi Pembangunan Venue PON XXI di Aceh

Kemudian Jabar kokoh diperingkat pertama dengan poin 15, hasil dari lima kali menang 1 kali kalah. Satu-satunya kekalahan Jabar adalah dari tim Jateng ini.

Sedangkan posisi ketiga dipastikan ditempati Jatim dengan poin 13. Kemenangan terakhir Jatim diraih setelah mengalahkan Lampung dengan skor telak 10-0 di tempat yang sama sebelum laga Jabar dan Jateng digelar.

Pelatih tim hoki indoor putri Jateng Sisworo Ari Wibowo mengaku bahagia. Karena kemenangan memastikan Jateng lolos ke babak final yang akan digelar Salasa (10/9/2024) dan berpeluang meraih medali emas.

“Ini harus disyukuri. Kita bisa finish diperingkat kedua dengan poin 14. Peringkat pertama ditempati Jabar. Pada babak final besok , kita akan bertemu Jabar lagi,” kata Sisworo, kepada wartawan usai laga.

Dikatakan dia, hoki PON XXI 2024 kali ini menggunakan sistem setengah kompetisi. Di mana setiap tim dalam grup bertemu satu sama lain dan diikuti oleh 7 provinsi.
Kemudian, tim peringkat pertama dan kedua di klasemen akhir akan berhadapan untuk memperebutkan medali emas. Sementara pertandingan medali perunggu akan mempertemukan tim peringkat ketiga dan keempat.

“Ini adalah kesempatan bagi Jateng. Semoga besok kita bisa kembali menang atas Jabar,” tambahnya.

Baca juga: Dua Atlet Panjat Tebing Purbalingga Berkontribusi Medali untuk Jateng di PON XXI

Menurut Sisworo, Jateng berhasil menang atas Jabar, namun demikian bukan berarti timnya sudah tampil sangat bagus. Masih ada ada kesalahan-kesalahan. Menghadapi Jabar di final, ia akan melakukan evaluasi dan memperbaiki kelemahan yang ada.

“Hal yang harus diperbaiki antara lain adalah finishing. Tadi banyak peluang namun terbuang. Kemudian komunikasi antar pemain, dan tidak kalah penting adalah menjaga fokus sepanjang pertandingan. Tadi kita kebobolan dua gol di babak keempat,” tambahnya. (Aji)

Berita Terkini