Menpora Pastikan Seremoni Pembukaan PON XXI Aceh-Sumut Siap Digelar

Senin, 9 September 2024 15:22
Upacara pembukaan tersebut akan berlangsung di Stadion Harapan Bangsa, Kota Banda Aceh, Senin (9/9/2024) malam. Ist

HELOINDONESIA.COM - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo memastikan seremoni pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara (Sumut) siap digelar. Upacara pembukaan tersebut akan berlangsung di Stadion Harapan Bangsa, Kota Banda Aceh, Senin (9/9/2024) malam.

“Kita nanti malam akan melakukan geladi resik final untuk memastikan persiapan opening ceremony yang akan dilakukan besok malam yang akan dihadiri dan dibuka oleh Bapak Joko Widodo,” jelasnya saat konferensi pers di Media Center PON XXI Aceh-Sumut 2024, Banda Aceh, Minggu (8/9/2024).

Dia menjelaskan, keseluruhan persiapan PON XXI hingga saat ini telah sesuai target. Hal ini termasuk persiapan penyelenggaraan pertandingan yang sudah mencapai tahap final. Bahkan beberapa cabang olahraga mulai dipertandingkan sejak beberapa waktu lalu.

“Tadi pagi saya sudah ke Kutacane, Aceh Tenggara, juga melihat venue dan pertandingan arung jeram juga sudah mulai. Dan saya rasa yang di Banda Aceh juga semuanya sudah siap,” ujarnya.

Baca juga: Kiprah Inisiatif Revitalisasi Bahasa Daerah Kemendikbudristek Diakui Majalah TIME

Lebih lanjut, dia mengatakan, koordinasi dengan berbagai pihak terkait terus dibangun untuk menyukseskan penyelenggaraan PON XXI. Terlebih laga nasional ini merupakan PON pertama yang digelar di dua provinsi, sehingga memiliki tantangan tersendiri. Berkat kerja sama dengan lintas pihak, baik kementerian/lembaga maupun pemerintah daerah (Pemda) berbagai tantangan tersebut dapat teratasi. “Ini Alhamdulillah sementara semuanya sesuai target dan tercapai,” paparnya.

Sementara itu, Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Marciano Norman mengatakan, 38 kontingen dari 38 provinsi dan satu kontingen dari Ibu Kota Nusantara (IKN) akan mengikuti upacara pembukaan besok. Selain di Aceh, upacara ini bakal diikuti secara virtual oleh daerah penyelenggara PON XXI di Sumut.

“Jadi secara kesiapan venue-nya sudah siap. Kemudian juga dari sisi panitia pelaksana, peralatan pertandingan semuanya sudah siap. Sehingga baik di Aceh dan Sumatera Utara Insyaallah besok akan berjalan sesuai yang kita harapkan,” jelasnya.

Baca juga: Lifter Aceh Nurul Akmal Jadi Penyulut Api di Pembukaan PON Aceh-Sumut 2024

Sebagai informasi, konferensi pers tersebut juga dihadiri oleh Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika (Wamenkominfo) Nezar Patria, Penjabat Gubernur Aceh Safrizal ZA, serta Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga Surono. Mereka berkomitmen mendukung suksesnya pelaksanaan PON XXI Aceh-Sumut.


Berita Terkini