Tampil di Nomor LBJP PON, Drumband Jateng Harus Puas Raih 2 Perunggu

Minggu, 8 September 2024 19:55
Tim drumband campuran Jateng saat naik podium ketiga

DELI SERDANG, HELOINDONESIA.COM - Tim drumband Jateng harus puas meraih dua medali perunggu dalam lomba di PON XXI/2024 Aceh Sumut yang dimainkan di Stadion Madya Atletik, Kawasan Sumut Sport Center, Deli Serdang, Sumut, Minggu 8 September 2024.

Dua medali perunggu dikoleksi Jateng dari nomor Lomba Berbaris Jarak Pendek (LBJP) yang sebenarnya sudah diraih pada lomba hari pertama, Sabtu, 8 September 2024, namun baru diumumkan kemudian karena penilaian.

Baca juga: Gagal ke Final PON, Basket Putri Jateng Lawan Jabar untuk Berebut Perunggu

Medali pertama, pada nomor LBJP 400 meter putri. Meskipun tampil cukup baik namun tim drumband Jateng hanya mampu mengemas total nilai 905,93 poin. Emas untuk nomor ini direbut kontingen tuan rumah, Sumut setelah mengungguli tujuh tim lainnya dengan total nilai 917,56 poin.
Sedangkan di peringkat kedua, atau medali perak dimenangi oleh DI Yogyakarta dengan perolehan 911,68 poin.

Sementara itu medali kedua diraih oleh Tim Drumband Jateng melalui nomor LBJP 800 meter campuran. Jateng lagi-lagi kebagian medali perunggu setelah hanya mengumpulkan total nilai 912,13 poin.
Medali emas nomor ini diraih Provinsi Aceh yang mamu menngumpulkan total nilai 923,46 poin. Dan perak untuk nomor LBJP 800 meter campuran ini diraih provinsi DIY yang mampu mengumpulkan total nilai 923,18.

Manajer Drumband Jateng Atiek Kusmiati, meski sedikit kecewa atas hasil ini, sebab anak asuhnya sudah tampil cukup baik di laga ini.
''Saya pikir anak-anak sudah tampil maksimal. Tapi ya inilah drumband. Saya harus apresiasi anak-anak yang sudah tampil bagus,'' kata Atiek lagi, Minggu, 8 September 2024.

Atiek sangat berharap, di laga hari kedua, Minggu, 8 September 2024 hari ini yaitu nomor LBJP 600 meter putri dan LBJP 600 meter campuran, serta LBJP 800 meter putra bisa meraih medali emas.
''Siapapun orang yang melihat tadi, kami tampil yang terbaik di nomor 800 meter putra. Tapi sekali lagi ini drumband, ada penilaian,'' katanya.

Baca juga: Saksi Ahli KPU Tegaskan Parpol Hanya Bisa Ajukan Satu Paslon dan Dilarang Tarik Dukungan

Sementara itu Ketua Umum PB PDBI Marsma TNI Ronny Irianto Moningka menyampaikan sebanyak delapan provinsi akan memperebutkan 17 medali emas dari cabang olahraga (cabor) drumband di PON 2024.

Delapan provinsi itu meliputi Aceh, Sumatera Utara, DKI Jakarta, DI Yogyakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Kalimantan Tengah.

Sementara 17 nomor pertandingan yang diselenggarakan di antaranya, Lomba Berbaris Jarak Pendek (LBJP) 400 meter putri, LBJP 400 meter putra, LBJP 800 meter campuran putra-putri, Lomba Unjuk Gelar (LUG), dan Lomba Baris Berbaris dan Lomba Unjuk Gelad (LBB-LUG).

Beragam nomor pertandingan itu digelar di sejumlah lokasi di Sumatera Utara, seperti Stadion Madya Atletik, GOR Futsal Disporasu, dan Jalan Sultan Serdang Kualanamu. (Aji)

Berita Terkini