Jateng Protes Status Hening Paradigma, Atlet Paramotor Aceh Peraih Emas PON XXI

Minggu, 1 September 2024 11:57
Ketua Umum KONI Jateng Bona Ventura Sulistiana saat bersama pengurus melepas atlet di Bandara Ahmad Yani Minggu pagi 1 September. Foto: koni jtg

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM - KONI Jawa Tengah akan melayangkan protes atas status atlet paramotor provinsi Aceh Hening Paradigma yang meraih medali emas PON XXI di nomor economic foot launch (FL) distance putra di Bandara Malikussaleh, Lhokseumawe, Aceh, Sabtu 31 Agustus 2024.

Hening, pada PON XX Papua 2021, mempersembahkan emas beregu cabang paralayang nomor lintas alam beregu.Hal itu bisa diterjemahkan bahwa atlet binaan Kota Semarang itu masih milik Jawa Tengah.
Karena itulah, KONI Jateng akan melayangkan protes kepada PB PON maupun pihak lain yang berkompeten.

Baca juga: Ini Posisi Sementara Jateng di PON usai Koleksi 1 Perak 2 Perunggu

''Memang beberapa waktu lalu sempat mengajukan perpindahan, namun kami tolak. Jadi statusnya masih milik Jawa Tengah,'' kata Ketua Umum KONI Jateng Bona Ventura Sulistiana didampingi Waketum II Soedjatmiko seusai pelepasan atlet barongsai Jateng di Bandara A Yani Semarang, Minggu 1 September 2024.

''Kami akan meminta Bidang Hukum KONI Jateng untuk membuat langkah-langkah gugatan,'' kata Bona.

Penundaan Medali

Sementara itu, Soedjatmiko sudah berkoordinasi dengan ofisial cabang paramotor di Banda Aceh untuk ada penundaan penyerahan medali. ''Kami meminta agar penyerahan medali ditunda. Sebab status atlet tersebut belum jelas,'' kata Soedjatmiko.

Baca juga: Pastikan PON XXI Sukses Digelar, Mendagri: Ini untuk Kebanggaan Bangsa Indonesia

Adapun pelatih fisik paralayang Jateng Dian Listiarini mengungkapkan Hening tidak hadir dalam persiapan tim menuju PON. Maka pihaknya kemudian tidak memasukkan namanya dalam tim.
''Pengprov paralayang sudah menyerahkan permasalahan itu ke KONI. Karena hal itu sudah menjadi ranah KONI,'' kata Dian yang kemarin mendampingi atletnya bertolak ke Aceh.

Rupanya Hening dalam menuju PON Aceh - Sumut berpindah cabang olahraga ke paramotor. Dan pada cabang yang baru diikutinya, ternyata menorehkan medali emas.
''Apa pun cabang olahraganya, dia masih berstatus sebagai atlet Jateng. Jadi tidak bisa serta ganti cabang olahraga kemudian gugur statusnya sebagai atlet Jateng,'' tegas Soedjatmiko.

Pada paramotor, Jateng menorehkan medali perunggu lewat Lis Andriana (putri) pada nomor yang sama dengan Hening. Andriana yang merupakan istri almarhum dr Elisa Manuoke juga pindah dari paralayang ke paramotor. (Aji)


Berita Terkini