Kejuaraan Taekwondo Indonesia Chalange ke-4 Memperebutkan Kemenpora Cup Resmi Dibuka

Jumat, 30 Agustus 2024 16:34
Kejuaraan Taekwondo tingkat nasional yang memperebutkan Piala Kemenpora resmi dibuka. Aris Mohpian Pumuka

JAKARTA, HELOINDONESIA.COM - Kejuaraan Taekwondo Indonesia Chalenge 4 Kemenpora Cup Tahun 2024 yang diselenggarakan di GOR Ciracas, pada Jumat (30/08/2024) secara resmi dibuka.

Acara bergengsi ini berlangsung dari tanggal 30 Agustus sampai 01 september 2024 diikuti sebanyak 2.800 peserta dari lima Kota.

Adapun kelas yang di pertandingkan adalah kelas Prestasi, kelas Kyorugi dan Kelas Pemula, dari pra Cadet , Cadet, Yunior dan Senior.

Ketua Panitia Indonesian Challenge 4 Kemenpora Cup Muhammad Sodik, menyampaikan apresiasi atas digelarnya kejuaraan ini.

“Alhamdulillah, pertandingan hari pertama ini berjalan lancar, para atlet yang bertanding penuh dengan semangat dan cukup kompetitif," katanya.

Dia katakan, pertandingan Taekwondo ini akan berlangsung selama tiga hari ke depan. Pihaknya berterima kasih kepada para orang tua atlet, serta seluruh klub yang telah berpartisipasi dalam kejuaraan kali ini.

"Saya berharap pada hari ketiga pertandingan Taekwondo ini dapat tuntas dan berjalan dengan lancar serta menghasilkan prestasi yang terbaik,” ujarnya. 

Sodik berharap, agar kegiatan ini tidak hanya menjadi ajang untuk menunjukkan kemampuan dan prestasi dalam olahraga taekwondo, tetapi juga sebagai sarana untuk mempererat silaturahmi dan meningkatkan semangat kompetisi yang sehat di kalangan generasi muda.

Terlebih kompetisi ini banyak memberikan ruang bagi usia dini yang akan menjadi masa depan atlet-atlet elite Indonesia.

Menurutnya, perkembangan olahraga taekwondo di Indonesia mengalami kemajuan pesat, yang terus menorehkan prestasi baik di tingkat Nasional maupun Internasional.

Sementara itu, Ketua Umum Taekwondo Jaguar Club Master Amir Jaya ST. B menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari program Kementrian Pemuda dan Olahraga tahun 2024, dengan tujuan utama untuk mengembangkan talenta anak usia pelajar di bidang olahraga taekwondo, serta memotivasi mereka untuk membentuk karakter mental tanding yang optimal.

"Saya menyambut baik dan memberi apresiasi digelarnya Pembukaan Kejuaraan Taekwondo Indonesia Challenge ke 4 Kemenpora Cup Tahun 2024, dengan harapan berlangsung sukses dan menghasilkan para bibit atlet taekwondo yang handal dan dapat menjadi kebanggaan kita semua," kata Amir. 

Karena ini banyak peserta yang dari yunior kebawa, ia berharap para taekwondo ini bisa memasyarakatkan bela diri ini. 


Menjadi penguatan mental untuk anak anak yang usia dini usia pelajar dimana kita membutuhkan mental yang kuat untuk kedepannya menuju Indonesia Emas 2045.

Acara pembukaan ditandai dengan pembacaan janji wasit dan atlet taekwondo, serta tendangan taekwondo secara simbolis yang menandai resmi dibukanya kejuaraan serta foto bersama. (Manto)

Berita Terkini