Medali Terakhir Jateng dari Cabang Jurnalistik, Kalsel Juara Umum Porwanas XIV

Senin, 26 Agustus 2024 07:35
Tim bulutangkis Jateng yang meraih satu medali emas dan dua perak di Porwanas

BANJARMASIN, HELOINDONESIA.COM - Kontingen PWI Jawa Tengah menambah pundi-pundi medali di hari terakhir Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) XIV setelah cabang bulutangkis menggaet dua medali perak di cabang bulutangkis dan satu perunggu tenis meja di Banjarmasin, Kalimatan Selatan, Minggu 25 Agustus 2024.

Medali terakhir Jateng yaitu perunggu didapat dari cabang jurnalistik kategori tulis yang disumbangkan Wisnu Setiadji. Wartawan Heloindonesia.com yang bertugas di wilayah Jateng itu menulis feature bertajuk Hikayat Benuang Laki: Penjaga Meratus yang Tetap Mekar tanpa Tercemar. Pengumuman para peraih medali jurnalistik dilakukan saat penutupan Porwanas pada Minggu malam.

Baca juga: PDIP Meminang Airin di Pilkada Banten, Tidak Mendapat Restu Golkar

Dengan hasil ini, Jateng secara keseluruhan meraih 1 medali emas, 4 perak, dan 2 perunggu di Porwanas XIV/Kalsel 2024 dan berada di urutan ke-11 dari 34 provinsi. Pencapaian ini meningkat dibanding Porwanas XIII/ Jatim tahun 2022 yang membawa pulang 1 emas dan 1 perunggu.

Adapun juara umum Porwanas XIV adalah tuan rumah Kalimantan Selatan dengan 16 emas 6 perak, dan 12 perunggu. Disusul Jabar dengan 10 emas, 6 perak, dan 11 perunggu, dan Nusa Tenggara Barat 4 emas, 2 perak, dan 9 perunggu.

Di cabang bulutangkis yang dimainkan di Hippindo Badminton Hall Banjarmasin, pasangan Jateng Fentri Susilo Utomo/Bowo Wiranto menempati runner up setelah di final usia 27-39 tahun, dikalahkan pasangan 8-21, 18-21 dari pasangan juara bertahan Nico Aditya/Brio Dwi Agustino (Jatim).

Sedangkan di kelompok  usia 50 tahun ke atas, duet Jateng Aman Ariyanto/Sigit Budi Riyanto meraih perak setelah ditumbangkan legenda Porwanas asal DKI Jakarta, Sumardjo yang berpasangan dengan Admiral Heppy dengan skor 16-21, 12-21.

Baca juga: Sekitar 270 Bikers Ambil Bagian dalam Touring Peduli Jateng

Untuk medali perunggu cabang tenis meja disumbangkan Erwin Ardian/Yuliono di kelompok usia 40 tahun. Duet ketua dan koordinator tenis meja Siwo PWI Jateng itu meraih perunggu setelah pada semi final dikalahkan Sani/Ahmad (Jabar) di GOR Kempetem, Banjarmasin, dengan skor  1-3 (8-11, 11-9, 6-11, 7-11).

Manajer Tim Bulutangkis Budi Setyo Purnomo tetap mengapresiasi perjuangan timnya di final ganda perseorangan kendati mengoleksi perak. Pihaknya sudah berusaha sekuat tenaga  tapi lawan memang setingkat lebih di atas.

''Pengalaman bertanding tim DKI dan Jatim luar biasa. Mereka memberikan kami pelajaran yang sangat berharga, untuk bekal di Porwanas mendatang. Kami juga menyampaikan apresiasi pada Ketua PWI Jateng, yang selalu memantau hasil pertandingan bulutangkis,'' ujar Budi.

Salah satu pebulutangkis Jateng Aman Ariyanto menyampaikan rasa syukur meskipun hanya mampu medali perak nomor ganda. Menurutnya, jam terbang rival  lebih bagus.

Baca juga: Bupati Eistianah Didampingi Gus Bad Maju Pilkada Demak 2024

''Kami sampaikan juga apresiasi pada manajer tim, koordinator bulutangkis, dan suporter dari kontingen Jateng, yang tak henti-hentinya memberikan dukungan yang luar biasa hingga bulutangkis mampu mempertahankan emas di nomor beregu, dan dua perak di ganda perseorangan,'' ungkapnya.

Lebih Baik

Di bagian lain, Ketua Siwo PWI Jateng Erwin Ardian mengatakan apresiasi atas kerja keras para atlet di ajang Porwanas hingga menyai prestasi.

Dia menyebut, prestasi Jateng di Porwanas Kalsel ini lebih baik dibanding Porwanas sebelumnya. Yang membuat pihaknya gembira, penyumbang medali pada multievent khusus wartawan kali ini tak hanya datang dari bulutangkis, tapi juga bridge, biliar dan tenis meja.

''Pencapaian ini akan lebih memacu para atlet untuk persiapan lebih baik di Porwanas 2027 mendatang.Tak lupa kami sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang memberikan support, mulai Pemprov, KONI, segenap pengurus PWI dan kawan-kawan Siwo, para manajer tim cabang,  mitra kerja diantaranya Bank Jateng, Sukun, Djarum Foundation, Semen Gresik, dan Grand Batang City,'' katanya.

Baca juga: PPP Gagal ke Senayan, PSI Naik di Perolehan Pileg 2024 Namun Gagal Juga Dapat Kursi DPR RI

Sementara itu, Ketua PWI Jateng Amir Machmud NS juga menyampaikan selamat kepada para atlet Jateng yang mampu naik podium di Porwanas. Amir yang selalu memonitor hasil-hasil pertandingan selama Porwanas juga menyampaikan terima kasih kepada semua lini yang mendukung kontingen Jateng.

“Selamat dan sukses  pada kontingen Jateng. Kami semua bangga. Prestasi di Kalsel bisa menjadi parameter daya saing kita di pentas Porwanas. Jadi  bahan untuk evaluasi, dikaji lagi mana yang menjadi kelemahan dan kelebihan demi pencapaian lebih baik di masa mendatang,'' pungkas Amir. (Aji)

Berita Terkini