Persiapan Kontingen Jawa Tengah di PON 2024 Capai 100 Persen

Sabtu, 24 Agustus 2024 13:05
Rapat panitia kontingen Jateng di PON 2024 dipimpin langsung Kadisporapar Jateng Agung Hariyadi

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM - Persiapan kontingen Jawa Tengah sudah mencapai 100 persen, dan menyatakan siap menorehkan prestasi dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI di Aceh - Sumatera Utara 2024, September depan.

“Saat ini sudah ready memberangkatkan atlet kita untuk tampil di Aceh-Sumut. Kalau persiapan sudah full, 100 persen siap, tinggal berangkat dan dapat medali,” kata Ketua Kontingen Jawa Tengah PON 2024, Agung Hariyadi saat memimpin rapat pleno panitia kontingen di Kantor Disporapar Jateng, Semarang, Jumat, 23 Agustus 2024.

Baca juga: Antisipasi Darurat Medis di PON 2024, Manajer dan Pelatih Jateng Dibekali Pengetahuan BHD

Dia mengungkapkan, Pejabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana mengharapkan peningkatan prestasi dalam PON 2024 nanti. Mengingat pada PON 2021 sebelumnya, kontingen Jawa Tengah hanya mampu meraih 27 medali emas.

Perolehan tersebut menjadikan Jawa Tengah terlempar dari posisi 4 besar dan harus puas finis di posisi enam. Mirisnya, jumlah medali emas Jawa Tengah hanya terpaut satu medali emas dari Bali yang menempati posisi lima.

Oleh karenanya, selain menargetkan kembali merangsek ke empat besar, Agung berharap kontingen Jawa Tengah mampu meningkatkan jumlah perolehan medali emas secara umum.

“Yang menjadi target adalah medali emasnya meningkat, peringkat itu tergantung di lapangan. Sehingga yang kita utamakan tentu bagaimana menjaga performa atlet, memastikan kondisi mereka fit, asupan konsumsi lancar, dan akomodasi nyaman,” sambungnya.

Libatkan Psikolog

Sementara itu, Wakil Ketua Umum II KONI Jawa Tengah, Soedjatmiko mengakui jika menjelang hari H PON 2024, tekanan pada atlet menjadi semakin terasa. Meski begitu, ia percaya, ketika sudah bertanding di lapangan, bukan lagi soal teknik tapi juga mental dan hal-hal nonteknis lainnya.

Baca juga: Festival Budaya Djayengrono Angkat Tema Kauman dalam Balutan Budaya

“Mendekati PON, situasi panas, berubah, dan dinamis. Tapi kami optimistis atlet-atlet Jawa Tengah akan bertanding dengan sebaik-baiknya untuk mendapatkan prestasi. Diharapkan tidak ada permasalahan berarti yang terjadi,” ucap Soedjatmiko.

Oleh karenanya, lanjut Soedjatmiko, KONI Jawa Tengah telah melibatkan tim psikolog untuk memantau persiapan dan kesehatan pada atlet. Selain itu juga tim dokter dan masseur.

Ia merincikan, KONI Jawa Tengah akan menyiapkan tim medis yang terbagi di Aceh dan di Sumut. Yaitu 6 dokter, 2 perawat, dan 6 masseur.

“Harapannya saya, seluruh panitia bekerja dengan sebaik-baiknya, mendukung atlet dan pelatih yang berjuang, seluruh masyarakat Jawa Tengah kami minta doanya agar kontingen bisa berangkat dan pulang dengan selanat dan bawa medali emas,” tandasnya. (Aji)

Berita Terkini