Kontingen PWI Jateng Gebrak Porwanas: Sabet 1 Emas dari Bulutangkis dan 2 Perak lewat Bridge dan Biliar

Jumat, 23 Agustus 2024 05:34
Tim bulutangkis PWI Jateng (duduk) sukses mempertahankan gelar nomor beregu di Porwanas. Foto: Ist

BANJARMASIN, HELOINDONESIA.COM - Prestasi membanggakan kembali ditorehkan kontingen PWI Jawa Tengah di perhelatan Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) XXI yang berlangsung di Kalimantan Selatan.

Memasuki hari keempat, Kamis 22 Agustus 2024, kontingen Jateng menambah koleksi medali, dengan satu medali emas di cabang bulutangkis beregu, dan perak di cabang bridge. Dengan tambahan itu, Jateng sementara menggenggam 1 medali emas, dan 2 perak. Satu perak sebelumnya diperoleh dari cabang biliar nomor bola 9 single.

Prestasi Jateng di bulutangkis dan bridge bukan saja menyita perhatian, namun juga monumental.

Baca juga: Ambil Langkah Hukum, Azizah Salsha Laporkan Akun-akun Penyebar Isu Perselingkuhanya ke Bareskrim

Bertanding di Hall Happindo Badminton, Banjarmasin, Kamis malam 22 Agustus 2024, tim bulutangkis Jateng mengukir tinta emas dengan mempertahankan medali emas nomor beregu.

Dalam babak final yang ketat, Fentri Susilo Utomo dkk mempersembahkan emas setelah di laga final mampu membungkam Jawa Barat dengan skor 2-1. Laga final ini merupakan ulangan Porwanas Jatim tahun 2022 yang mana saat itu, Jateng juga berhasil menggasak Jabar 2-1.

Jateng yang merupakan unggulan pertama nomor beregu, membuka skor 1-0 atas Jabar (unggulan kedua) setelah pemain tunggal Fentri yang turun di partai pertama mampu mengalahkan Yadi Mulyadi. Pada set pertama Fentri unggul 21-6, namun lawannya memilih undur diri saat skor 11-1.

Di partai kedua, ganda pertama Jateng Aman Ariyanto/Sigit Budi Riyanto menderita kekalahan dari Angga Nugraha/Apid Rosyidin 12-21, 11-21.

Pada set penentuan, duet Fentri/Bowo Wiranto memastikan gelar untuk Jateng setelah membabat Kusnu Sujarwadi/Tatang W dengan skor 21-12, 21-11.

Manajer Tim Bulutangkis Budi Setyo Purnomo mengaku gembira atas keberhasilan mempertankan emas beregu Porwanas. ''Perjuangan teman-teman yang berlatih keras dan melakukan latih tanding terbayar lunas. Kami berterima kasih kepada semua lini yang mendukung, pengurus PWI, pemprov, KONI, komunitas JBC, mitra kerja, dan suporter,'' kata Budi didampingi Koordinator Bulutangkis Siwo PWI Jateng Darjo Soyat.

Bersejarah

Sebelumnya, tim bridge Jateng juga membukukan prestasi bersejarah dengan merebut medali perak, setelah di finalvharus mengakui keunggulan Jabar di Gedung Kwarda Pramuka, Banjarmasin, Kamis (22/8).

Atas prestasi itu, Tim yang bermaterikan Saptono JS, Imam Nuryanto, Bakti Yudatama, Moh Fahmi Insetyonoto selain mendapatkan bonus berupa uang jamu juga rekreasi ke Bali dari sang manajer, Linggarjati.

''Ini bentuk apresiasi atas prestasi perak di Porwanas. Semoga ke depan, teman-teman mampu berbicara di Porwanas mendatang, dan event-event nasional lainya,'' tambahnya.

Pelatih Jateng Kusumo Hararyo mengatakan, faktor percaya diri dan kekompakan tim menjadi kekuatan dahsyat tim bisa membawa pulang medali perak.

Baca juga: Tingkatkan Kualitas Produksi Garam, Dosen USM Beri Pelatihan Teknologi Ulir Filter

Dia mengatakan, mengingat tim hanya berkekuatan empat personel tanpa pengganti, maka faktor kekompakan menjadi kunci dalam sebuah tim disamping kepercayaan diri.

Sebelumnya, cabang biliar juga menyumbangkan medali perak melalui Hermansyah ''Dio'' Bakrie. Dio yang tampil di nomor bola 9 single kalah dari pemain Sulawesi Tengah Harli Pratama dengan skor 2-5.

Ketua PWI Jateng Amir Machmud NS menyampaikan selamat dan mengapresiasi perjuangan para atlet yang mampu mengibarkan panji Jawa Tengah di kancah Porwanas.

''Hebat, saya ucapkan selamat. Pencapaian hingga hari ini membuktikan bahwa para atlet Jateng tak bisa dianggap remeh oleh lawan di Porwanas,'' katanya.

Di bagian lain, Ketua Siwo Jateng Erwin Ardian juga juga angkat topi kepada para atlet yang memberikan prestasi terbaiknya untuk Jateng. Tak lupa, pihaknya menyampaikan terima kasih kepada para mitra yang memberikan support seperti Bank Jateng, Sukun, Djarum Foundation, Semen Gresik, dan Grand Batang City. (Aji)

Berita Terkini