Gulat Jateng Yakin Rebut Satu Emas di PON 2024, Ahmad Umar Jadi Tumpuan

Selasa, 20 Agustus 2024 16:39
Tim pelatda gulat PON Jateng berpose bersama

HELOINDONESIA.COM - Cabang olahraga gulat Jawa Tengah meyakini mampu merebut satu medali emas pada PON XXI 2024 di Aceh-Sumut.
Pelatih gulat Jateng, Ngabdi Manggiyo Mulyadi menegaskan saat ini para atlet sudah masuk tahap persiapan pertandingan karena waktunya tinggal tiga pekan sebelum berangkat ke Sumatera Utara (Sumut).

“Porsi latihan sekarang sudah ke arah teknik bertanding. Progres latihan para pegulat selama ini baik,” katanya di hubungi Minggu 18 Agustus 2024.

Baca juga: CPNS 2024 Dibuka, Berikut Daftar Formasi yang Tersedia di Tiap Instansi


Menurut Ngabdi, atlet gulat Jateng telah melakukana try out ke Jawa Timur pada 5-6 Juni lalu, dengan hasil yang cukup baik untuk berlaga di PON mendatang.


“Kita sudah evaluasi selama latihan sepulang try out sampai sekarang. Kalau untuk target satu medali emas kami sangat optimistis asal tidak ada kendala non-teknik selama sisa waktu latihan tiga minggu ke depan dan waktu tanding nanti,” ujar pelatih asal Kudus ini.


Menurut Ngabdi yang pernah peraih medali emas gulat PON XVII 2008 di Kalimantan Timur, satu medali emas tersebut disandarkan kepada pegulat asal Kudus, Ahmad Umar Maulana yang bertanding pada kelas 125 kg gaya bebas putra.

Untuk mewujudkan targer satu medali emas itu, Ngabdi yang didampingi asisten pelatih Choirus Salim asal daerah Jepara telah melakukan pemusatan latihan daerah (Pelatda) mendiri sejak Februari 2024, kemudian dilanjutkan Pelatda sentralisasi di Semarang pada Mei 2024.

Baca juga: Peringati HUT RI, Kecamatan Weleri Gelar Lomba Tembang Dolanan

“Pada babak kualifikasi atau pra PON meraih satu medali emas oleh Ahmad Umar Maulana dan dua medali perunggu,” tambahnya.

Lawan berat pegulat Jateng pada PON 2024, menurut Ngabdi berasal Jawa Timur (Jatim) dan Kalimantan Timur (Kaltim) yang kekuatan merata, serta Jawa Barat dan DKI Jakarta.

Tujuh Atlet

Pada PON mendatang, cabor gulat Jateng memberangkatkan tujuh atlet yakni, Ahmad Umar Maulana (Kudus, Kelas 125kg Gaya Bebas Putra). Bella Evita Meyswa (Pemalang/kelas 57 kg gaya bebas putri ), Zuhrul Anam (Demak/kelas 97 kg Gaya Greeco Romawi Putra).

Ericka Ramadhan (Grobogan/ kelas 130kg Gaya Greeco Romawi putra), Fauzal Juan Ramadhan(Kota Solo/kelas 60 kg Gaya Greeco Romawi), Arya Febrian Iswiyari Putra (Demak/kelas 65 kg Gaya bebas putra), dan Tegar Arya Wibisono (Brebes/ kelas 57kg Gaya bebas putra.


Sementara, Bendahara Umum KONI Jateng, Ir Prasetya Budi Yuwono saat melakukan monitoring dan evaluasi meminta para atlet gulat tetap semangat dan optimis untuk meraih hasil terbaik pada PON XXI 2024 di Aceh-Sumut.


“Atlet gulat pantang menyerah, KONI Jateng akan mendukung untuk medapat hasil medali emas sesuai target,” ujarnya. (Aji)

Berita Terkini