Pj Gubernur Ingin Kontingen PWI Jateng Perbaiki Prestasi di Porwanas Banjarmasin

Jumat, 16 Agustus 2024 20:02
Kadisporapar Jateng Agung Hariyadi saat memakaikan jaket kontingen Porwanas ke pebulutangkis Sigit Budi Riyanto saat acara pelepasan. Anggota kontingen Porwanas Jateng berpose bersama

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah Komjen Pol (Purn) Nana Sudjana berharap, kontingen dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jateng mampu bersaing dan memperbaiki prestasi di ajang Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) XIV di Banjarmasin, Kalsel, 19-26 Agustus 2024.

Nana menyampaikan hal tersebut dalam sambutan tertulis yang dibacakan Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Jateng Agung Hariyadi dalam acara pelepasan kontingen PWI Jateng ke Porwanas di Gedung Pers Jateng, Semarang, Jumat sore 16 Agustus 2024.

Baca juga: Viral ! dokter Prathita Amanda Aryani Diduga Lakukan Perundungan Pada Mahasiswa PPDS UNDIP, Suruh Mukbang 5 Nasi Padang dan Lontarkan Kata Tak Pantas!

''Saya mendukung penuh partisipasi Saudara. Kami apresiasi pencapaian Jateng di Porwanas 2022 di Malang yang meraih satu emas, satu perunggu. Semoga di Banjarmasin mampu memperbaiki prestasinya. Tidak hanya itu, dengan adanya kompetisi in i bisa memperkuat kemitraan dan silaturahmi antarsesama wartawan,'' kata Pj gubernur.

Hadir dalam pelepasan tersebut, Ketua Umum KONI Jateng Bona Ventura Sulistiana bersama jajaran pengurus harian, Kabid Keolahragaan Disporapar Jateng Suci Baskorowati, dari Forkopimda Jateng hadir Kabid Humas Polda Jateng Kombes Pol Artanto mewakili kapolda, Wakil Ketua DPRD Jateng Ferry Wawan Cahyono, Kasi Media Online Pendam Kodam IV/Diponegoro Mayor (K) CAJ Hartati mewakili pangdam, Sekum KONI Kota Semarang Teguh Setyono, dan Kepala Stasiun RRI Semarang Ngatno yang masuk anggota tim tenis lapangan.

Selanjutnya ada Ketua PWI Jateng Amir Machmud NS bersama jajaran pengurus harian, Ketua Dewan Kehormatan Provinsi PWI Jateng Sri Mulyadi, Ketua Siwo PWI Erwin Ardian dan jajarannya, serta atlet, pelatih dan para manajer tim.

Baca juga: Kemenkes Bertindak Usut Dugaan Ada Perundungan Dari Senior yang Akibatkan dr ARL Akhiri Hidupnya

Suasana gembira dan segar terasa dalam acara pelepasan kontingen Porwanas. Misalnya Agung Hariyadi yang melepas kontingen melempar joke saat menyaksikan anggota kontingen yang sebagian diisi wartawan senior.

''Saya setuju apa yang disampaikan Pak Kabid Humas Polda (Kombes Pol Artanto) ternyata sebagian anggota kontingen itu 'sweet', ternyata artinya swidakan (enam puluhan),'' ujar Agung yang disambut tawa hadir.

Dalam kesempatan itu, Agung membacakan sebuah pantun yang spontan dibuatnya untuk Porwanas,''Menikmati pemandangan buah kiwi dengan segarnya hamparah sawah, ditambah hidangan teh panas dengan hati tenang, selamat kepada kontingen Siwo PWI Jawa Tengah, mengikuti Porwanas Jateng pasti menang,''.

Acara pelepasan ditandai dengan memakaikan jaket kontingen oleh Agung Hariyadi kepada perwakilan atlet Sigit Budi Riyanto dari cabang bulutangkis.

Baca juga: Hendry CH Bangun Serahkan Kartu dan Piagam Anggota Kehormatan PWI kepada Pengacara Senior OC Kaligis

Di bagian lain, saat memberikan sambutan, Ketua Umum KONI Jateng Bona Ventura Sulistiana tak kalah jenaka. Dengan bercanda, dia mengaku heran, belakangan ini Sekum KONI Achmad Ris Ediyanto yang akrab disapa Ade Oesman ini sering bawa kartu gaple ke kantor KONI.

''Oalah, ternyata Mas Ade ini atlet domino. Semoga cabang domino bisa memberikan medali emas di Porwanas,'' kata Bona yang disambut riuh peserta upacara.

Dia berharap, Jateng bisa mempertahankan tradisi medali emas di Porwanas Banjarmasin.

Sementara itu, Ketua PWI Jateng Amir Machmud NS menyampaikan terima kasih kepada Pemprov dan KONI Jateng serta mitra kerja yang ikut nyengkuyung persiapan hingga pemberangkatan kontingen Jateng ke Porwanas.

''Dengan adanya support penggawa dari pemangku kepentingan ini, membuat duta-duta olahraga ini akan menunjukkan kemampuan terbaiknya di Porwanas. Jika dua tahun lalu di Porwanas Malang kita bisa meraih satu emas, waktu kita laporkan ke gubernur saat itu Pak Ganjar, beliau sangat senang dan menyebut sebuah prestasi besar. Dan kali ini pun, dukungan Pak Nana selaku Pj gubernur pun sangat besar, dan harapannya bisa membawa pulang medali emas lagi,'' kata Amir.

Amir pun juga menyampaikan guyonan saat memberikan sambutan.

''Sebetulnya, semua kontingen Porwanas itu kualitasnya sama. Hanya atlet yang kuat napasnya saja yang menang. Ini persaingan adu napas,'' candanya.

*Sembilan Cabor*

Sementara itu, Ketua Siwo PWI Jateng Erwin Ardian melaporkan,kontingen Jateng berkekuatan 52 orang dan akan turun di sembilan cabang dari 12 cabang yang dipertandingkan. Kesembilan cabang itu meliputi bulutangkis,biliar, bridge, domino, e-sport, tenis meja, tenis lapangan, futsal, dan karya jurnalistik.

''Kami ingin mempertahankan tradisi medali emas di Porwanas. Lihatlah, meskipun tongkrongan kami seperti ini, semangat kami adalah semangat atlet Olimpiade di Paris,'' tandas Erwin yang disambut aplaus.

Untuk itu, Erwin menyampaikan apresiasi kepada Pemprov, KONI, dan dukungan dari mitra kerja seperti Sukun Mc Wartono, Bank Jateng, Djarum Foundation, Semen Gresik dan pihak yang tak bisa disebutkan satu persatu.

Kontingen dengan 47 atlet dan lima ofisial akan bertolak ke 'Kota Seribu Sungai' pada Senin 19 Agustus 2024 . Cabang pertandingan Porwanas XIV yang akan digelar di tiga tempat yaitu Banjarmasin, Banjarbaru, dan Kabupaten Banjar. **

Berita Terkini