Veddriq Leonardo dan Rizki Juniansyah Sumbang Emas Olimpiade Pertama Kali dari Cabor non-Bulutangkis

Jumat, 9 Agustus 2024 11:09
Veddriq Leonardo dan Rizki Juniansyah Sumbang Emas Olimpiade Pertama Kali dari Cabor non-Bulutangkis Tangkapan Layar X

HELOINDONESIA.COM - Biasanya atlet yang berhasil mengumandangkan Lagu Indonesia Raya atau memberikan medali emas pada saat Olimpiade adalah atlet yang berasal dari cabor Badminton, tetapi kali ini atlet dari cabang non Bulutangkis berhasil mengharumkan nama Indonesia.

Tak hanya satu, tetapi ada dua atlet yang berhasil menghasilkan emas di Olimpiade Paris 2024 kali ini yaitu Veddriq Leonardo yang merupakan atlet dari cabang Climbing atau panjat tebing dan Rizki Juniansyah yang merupakan atlet angkat besi/lifter.

Veddriq turun di nomor speed menghadapi atlet China, Wu Peng, di Le Bourget Climbing Venue, Paris, Kamis (8/8). Ia berhasil memanjat tebing 15 meter dengan waktu 4,75 mengalahkan Wu Peng.

Baca juga: Spiderman Indonesia, Veddric Leonardo Pecahkan Rekor Dunia Panjat Tebing Speed Di Olimpiade Paris 2024

Unutk Rizki Juniansyah kemudian memastikan medali emas kedua setelah menjadi juara di nomor 73 kilogram putra angkat besi.

Rizki mengalahkan Weeraphon Wichuma dari Thailand. Dengan total angkatan 354 kilogram, Rizki unggul hingga delapan kilogram atas Wichuma.

Medali emas dari Veddriq Leonardo dan Rizki Juniansyah membuat kontingen Indonesia mengakhiri penantian panjang selama 32 tahun di Olimpiade 2024 Paris.

Sukses merebut dua emas di Olimpiade 2024 membuat Indonesia untuk kali pertama dalam 32 tahun terakhir berhasil merebut lebih dari satu emas. Sebelumnya, kali terakhir Indonesia merebut lebih dari satu emas di Olimpiade terjadi di Barcelona 1992.

Baca juga: Venom: The Last Dance Jadi Film Terakhir Serial Venom, Akankah dipertemukan dengan Spiderman ?

Dua emas Indonesia di Olimpiade 1992 diraih dari cabang badminton lewat Susy Susanti dan Alan Budikusuma. Kini setelah 32 tahun berlalu, Veddriq dan Rizki kembali membawa Indonesia meraih dua emas di Olimpiade.

Tak boleh dilupakan, pada Olimpiade kali ini cabor Bulutangkis juga tetap menyumbangkan Emas Lewat Gregoria Mariska yang berhasil meraih medali perunggu di sektor tunggal putri.

Ketiga atlet tersebut berhasil membanggakan Indonesia dan untuk atlet yang sudah berjuang juga tak boleh dilupakan mereka sudah berjuang demi nama bangsa dan berharap di olimpiade mendatang mereka bisa membuat bangga Indonesia.

Baca juga: Veddric Leonardo Atlet Indonesia Bersaing Dengan Sam Watson Saling Pecahkan Rekor Dunia Panjang Tebing Speed di Olimpiade Paris 2024

Berita Terkini