Hasil Tes Asosiasi Tinju International Sebut Kalau Imane Khelif Adalah Laki-laki

Selasa, 6 Agustus 2024 12:55
Imane Khelif petinju Aljazair X@MarioNawfal

HELOINDONESIA.COM - Olimpiade Paris 2024 di cabor tinju wanita dibuat hebih karena ada tuduhan kalau petunju dari Ajazair, Imane Khelif buat menyerah lawannya karena pukulannya sangat keras hingga viral di medsos.

Hal tebut tentu memicu kontroversi dan mengungkapkan kalau ada rumor Imane Khelif berjenis kelamin laki-laki, tuduhan itu muncul dari petinju asal Italia, Angela Carini yang mundur di babak 16 besar karena tak tahan dengan pukulan Imane Khelif.

Imane Khelif juga pernah didiskualifikasi karena dituduh transgender saat mengikuti kejuaraan dunia tahun lalu karena gagal tes gender, kini menjadi masalah di Olimpiade Paris 2024.

Baca juga: Bastianini Masih Heran Ducati Putuskan Memilih Marc Marquez Dibanding Dirinya Atau Jorge Martin

Kabar terbaru menyebutkan kalau Imane Khelif setelah di tes merupakan berjenis kelamin laki-laki, yang diungkap langsung oleh IBA (Asosiasi Tinju International)

Senin (5/8/2024), IBA menggelar konferensi pers, menjelaskan alasan pencoretan dari kejuaraan dunia. Ketua IBA, Umar Kremlev, membongkar hasil tes yang membuktikan Imane Khelif punya hasil tes yang cenderung mengarah ke laki-laki.

"Tes menunjukkan mereka laki-laki," kata Kremlev, dilansir Daily Mail.

"Kami tidak memverifikasi apa yang ada di antara kedua kaki mereka. Kami tidak tahu apakah mereka dilahirkan seperti itu, atau apakah ada perubahan yang dilakukan," katanya menggarisbawahi bahwa tes belum begitu lengkap.

Baca juga: Finalissima Argentina Vs Spanyol Akan Digelar Tahun 2025 ? Duel Lionel Messi vs Lamine Yamal !

IBA, disebut Kremlev, menguji kedua atlet di Istanbul, Turki pada 2022. Hasil tes kemudian diulang pada 2023 dan hasilnya sama, yakni menunjukkan punya keunggulan kompetifif ketimbang pesaing lain.

"Tes kedua mengonfirmasi tes pertama," kata Kremlev. 'Jika ada orang yang ragu, rujuklah mereka. Mereka bisa melakukan tes sendiri," katanya.

Ioannis Filippatos, mantan ketua komite medis IBA, mengatakan 'kelainan' memang terdeteksi dalam tes darah pada tahun 2022. Secara tes, keduanya mirip laki-laki.

Meski menuai kontroversi, kedua atlet tersebut berlaga di Olimpiade Paris 2024 dan telah mengamankan medali dengan mencapai semifinal di kelas berat masing-masing: Imane di kategori 66kg dan Lin di kategori 57kg.

Baca juga: Enea Bastianini Juara MotoGP Inggris 2024, Tampil Super Cepat Bikin Marc Marquez Terheran-heran.

Berita Terkini