Atletik Jateng Berharap Bisa Buat Kejutan di PON Aceh-Sumut

Senin, 5 Agustus 2024 21:34
Atlet pelatda atletik untuk PON 2024 berfoto bersama pengurus PASI Jateng

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM - – Cabang atletik Jawa Tengah diharapkan bisa menciptakan kejutan di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh Sumut 2024.

Atletik berkekuatan 22 atlet dan siap memenuhi target dari KONI Jateng sebanyak tiga medali emas di multievent olahraga nasional tersebut.

Manajer Tim Pelatda Atletik PON Agus Widodo yakin atas kemampuan para atletnya untuk mencapai target tersebut. Bahkan ada asa yang menyala untuk bisa membuat kejutan di PON.
"Atlet-atlet kita sudah menjalani latihan intensif selama beberapa bulan terakhir dan mereka dalam kondisi siap tempur," ujar Agus Widodo, baru-baru ini.

Baca juga: Gregoria Mariska Tunjung Berikan Dukungan untuk Carolina Marin yang Cedera di Olimpiade Paris 2024

Keyakinan Agus didasari performa gemilang para atletnya di berbagai kejuaraan nasional Jatim Open dan Jateng Open, serta kejuaraan internasional. Beberapa di antaranya bahkan telah menunjukkan potensi meraih medali emas di PON Aceh Sumut.

Agus menjelaskan, tiga nomor yang dibidik untuk menyumbangkan medali emas yakni lempar cakram putri melalui atlet Wahyu Nuraini.

Selanjutnya lempar lembing putri atas nama Attina Nur Khamila yang juga pemegang medali emas di PON Papua 2021. Selanjutnya Irfan Tony Saputro dari nomor tolak peluru putra.
“Irfan Tony menjadi tumpuan medali emas. Dia peraih emas di PON Papua. Dari hasil Jatim Open, Irfan Tony juga meraih medali emas,” tutur Agus Widodo.

Baca juga: Indonesia Dapat Medali pertama di Olimpiade Paris 2024, Gregoria Dapat Medali Perunggu Tunggal Putri Bulutangkis

\Selanjutnya dari nomor Estafet Putri 4x 400 Meter. Tim estafet putri Jateng menjadi kekuatan di PON dan diharapkan dapat kembali menyumbangkan medali emas. Estafet putri Jateng berkekuatan Liviana Rizki, Bektiningsih Primadianfitri, Florencia Amanda, dan Fabiola Franselina.
“Skuad estafet putri ini juga pemegang medali emas 4x400 meter di PON Papua. Kami harapkan medali emas bisa kembali diraih di PON Aceh Sumut,” kata Agus.

Selain medali emas, beberapa atlet juga diharapkan memberikan kejutan untuk atletik, yakni Galih Yoga (lempar cakram), Fani Setiawan (Mix), estafet 4x100 meter putra, dan lari jarak menengah.
Agus berharap para atletnya dapat tampil maksimal dan mengharumkan nama Jawa Tengah di PON XXI Aceh-Sumut 2024.

Optimistis

Sementara,  Ketua Umum Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Pengprov Jawa Tengah, Rumini, optimistis bisa memenuhi target KONI. Dia mengatakan, persiapan atlet hingga pekan ini sudah siap mengikuti lomba.

“Seluruh atlet dalam kondisi bagus. Pekan ini ada tes terakhir untuk mengukur prestasi atlet sebelum ke PON,” ucap Rumini saat dihubungi, Senin 5 Agustus 2024.

Baca juga: Suporter Berpestaria Arema FC Juara Piala Presiden, Korban Tragedi Kanjuruhan Akan Menerima Sebagian Hadiah

“Semoga target tidak meleset di PON Aceh Sumut mendatang. Harapan dan doa kami, sesuai target dari KONI Jateng, dan semoga bisa menambah emas dari yang telah ditargetkan,” sambung Rumini.

Sekadar informasi, Attina Nur Khamila adalah peraih medali emas PON XX Papua 2021 dengan lemparan sejauh 51,26 meter. Lemparan tersebut sekaligus memecahkan rekor PON atas nama Ni Ketut Mudiani (Bali) 47,70 meter pada 27 Juni 2000.

Sebelumnya  Ketua Umum KONI Jateng, Bona Ventura Sulistiana, mengatakan, KONI telah memberikan semua kebutuhan yang diperlukan oleh tim atletik, termasuk peralatan latihan, vitamin, dan tim psikolog
"Kami yakin dengan kemampuan para atlet atletik Jateng dan kami optimistis mereka dapat mencapai target yang telah ditetapkan," kata Bona Ventura. (Aji)

Berita Terkini