Sirkuit Balap Resmi Jadi Kebutuhan Mendesak Kalsel untuk Kurangi Balapan Liar

Senin, 5 Agustus 2024 08:07
Harmadji Racing Team (HRT) kembali menggelar Speed Week Series di Kegubernuran Kalimantan Selatan, Sabtu (3/8/2024//ist/helokalsel/ IMI Kalsel

BANJARBARU, HELOINDONESIA.COM - Masalah balapan liar yang semakin meresahkan di Provinsi Kalsel mendesak pemerintah provinsi diharapkan untuk segera membangun sirkuit balap.

“Saatnya Kalsel memiliki sirkuit sendiri untuk menampung talenta balap,” tegas Wakil Sekretaris Ikatan Motor Indonesia Kalimantan Selatan (IMI Kalsel), Zain Ariffin, usai membuka Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Drag Race dan Drag Bike “Speed Week” Putaran 2 Tahun 2024 di Sirkuit Non-Permanen Area Kantor Gubernur Kalsel, Jalan Bina Praja Selatan, Palam, Kecamatan Cempaka, Kota Banjarbaru, Minggu (4/8/2024).

Menurut Zain Ariffin, keberadaan sirkuit balap yang aman dan teratur sangat diperlukan untuk menampung para penggemar motorsport dan mengurangi insentif untuk balapan ilegal di jalan raya. “IMI sangat mendukung berbagai ajang balap mobil dan motor prestasi karena memang program utama IMI,” ujarnya.

Ariffin menambahkan bahwa IMI terus berupaya untuk memfasilitasi penyaluran minat dan bakat para pembalap motor. Ia berharap ajang ini dapat mengurangi jumlah pembalap liar dan menarik mereka untuk bergabung dalam dunia balap profesional.

“Kami berharap Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan segera menyediakan sirkuit atau arena balap di Kalsel. Sirkuit yang ada saat ini hanya merupakan arena balap sementara,” harap Ketua Klub Motor BRG tersebut.

Sebelumnya, Gubernur Kalimantan Selatan, H. Sahbirin Noor, yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Agus Dyan Nur, membuka acara balap tingkat nasional tersebut. “Saya bangga dapat hadir dalam Kejuaraan Nasional Drag Race dan Drag Bike ‘Speed Week’ Putaran 2 Tahun 2024. Kegiatan ini lebih dari sekadar perlombaan cepat; ini adalah platform bagi para pembalap untuk menunjukkan keterampilan mereka,” ungkap Paman Birin melalui sambutan tertulis dari Agus Dyan Nur.

Gubernur Kalsel berharap ajang ini dapat meningkatkan kemampuan para pembalap serta menanamkan semangat sportivitas. “Kegiatan ini juga memberikan kesempatan kepada para pembalap muda untuk menunjukkan bakat mereka dan mempromosikan olahraga motor di tingkat nasional,” jelasnya.

Gubernur juga berharap Kejuaraan Drag Race dan Bike Race Speed Week Seri ke-2 dapat berkontribusi pada peningkatan perekonomian dan pariwisata daerah.

Ketua Pelaksana Kejurnas Drag Race & Drag Bike Speed Week Seri 2, Adhi Dharma Prasetyo, menjelaskan bahwa Harmadji Racing Team (HRT) Kalimantan Selatan telah menyelenggarakan acara ini keempat kalinya sejak tahun lalu. “Kami senang melihat jumlah peserta yang terus meningkat dari tahun ke tahun, termasuk dari Kalteng, Kaltim, dan wilayah lainnya,” ungkap Adhi.

Adhi berharap ajang ini dapat dinikmati oleh semua raider sebagai kesempatan untuk mengasah keterampilan dan meningkatkan bakat mereka di bidang motorsport di Banua.

Berita Terkini