Hasil Try In Bersama 6 Provinsi, Tim Panahan Jateng Optimistis Penuhi Target KONI di PON 2024

Minggu, 4 Agustus 2024 08:10
Para pemanah Jateng bersama tim PON dari enam provinsi menjalani uji tanding di Lapangan Prof Dumadi FIK Unnes. Foto: perpani jtg

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM - Pengprov Perpani Jateng meyakini dari hasil try in atau uji coba bersama enam provinsi di Lapangan Prof Dumadi FIK Unnes, Sekaran, Kota Semarang, 3-4 Agustus 2024, tim panahan Jateng mampu menyumbangkan tiga medali emas di PON XXI/Aceh-Sumut, September mendatang.

''Dari hasil try in pada Sabtu (3/8), anak-anak kami ada yang menempati ranking pertama dan kedua. Kami kira ini merupakan gambaran di PON nanti, dan memberikan optimisme pada panahan untuk memenuhi target KONI Jateng, yaitu minimal tiga emas,'' kata Sekum Perpani Jateng, Martin Sudarmono saat dihubungi Minggu 4 Agustus 2024.

Baca juga: Hadapi PON, Kodrat Jateng Undang Perguruan Pusat Matangkan Teknik Petarung Derajat

Uji coba tim panahan PON 2024 di Semarang diikuti enam provinsi tamu yaitu tim PON Jatim, DI Yogyakarta, DKI Jakarta, Papua Barat, Papua Pegunungan, dan Kalimantan Utara.

''Bagi kami try in ini sangat penting, karena 70 persen dari 18 atlet yang menjalani pelatda berkategori junior. Mereka butuh jam terbang,'' tandasnya.

Dia mengatakan, uji coba menggelar tiga nomor yaitu Recurve, Compound dan Nasional. Harapan Jateng di PON nanti, lanjut Martin, Jateng bisa meraih satu medali emas di tiga nomor tersebut. ''Jika kemudian ada yang lebih, itu bonus,'' tambahnya.

Soal pesaing terberat, dia menyebut pada DIY dan Jatim. DIY dipandang kuat karena ada sejumlah pemanah yang eks Pelatnas, sedangkan Jatim punya Diananda Choirunisa dan Riau Ega Agatha Salsabila yang tampil Olimpiade 2024 Paris.

18 Atlet

Di bagian lain, Pelatih Jateng Permadi Sandra mengatakan, dalam try in Jateng menyertakan 18 atlet yang dipersiapkan ke PON.

Baca juga: Mbak Ita Berharap Padi Varietas Biosalin Mensejahterakan Masyarakat Pesisir

Seperti diketahui, saat ini ada 18 atlet Pelatda Jateng yang terus menempa diri untuk memenuhi target medali yang dibebankan KONI Jateng. Ketua Umum KONI Jateng, Bona Ventura Sulistiana sendiri menyatakan, pihaknya menargetkan tim panahan mampu merebut empat medali emas.

Medali incarannya itu masing-masing di kelas Recurve, Compound dan Nasional, yang terbagi dalam beberapa nomor. Satu atlet Jateng yang bergabung di Pelatnas, Bagas Prastiadi, jadi salah satu andalan Jateng di nomor Recurve Putra 70 Meter.

Menurut Permadi, keuntungan dari diadakannya jajal kekuatan ini, para atlet dan pelatih bisa segera melakukan evaluasi atas hasil yang didapatnya. Seperti jadwal yang sudah dikeluarkan panitia penyelenggara, cabor panahan akan digelar di Banda Aceh. (Aji)

Berita Terkini