Sebulan Jelang PON XXI 2024, Tim Bulutangkis Jateng Ditempa di Jakarta

Sabtu, 3 Agustus 2024 17:40
Pebulutangkis Jateng Moh Zaki Ubaidillah dan Velisha Christina

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM - Sebelum menjelang ajang PON XXI/ Aceh-Sumut 2024, tim bulutangkis Jawa Tengah ditempa di Jakarta. Cabang olahraga badminton memperebutkan tujuh medali emas, untuk nomor tunggal perseorangan dan beregu.

“KONI Jateng menargetkan kami meraih satu emas. Semoga bisa mendapatkan lebih, kami optimistis bisa lebih dari satu,” kata Pujiasto, Manajer Tim Bulutangkis PON Jateng, Jumat 2 Agustus 2024.

Dia menjelaskan, jumlah atlet badminton Jateng yang ikut menjalani TC sebanyak 26 atlet, baik putra dan putri. Mereka menjalani latihan terpisah, atlet putra menjalani TC di Kedoyo Jakarta, sementara atlet putri menjalani TC di Petamburan Jakarta.

Baca juga: Dosen dan Staf FH USM Ikuti Workshop Kurikulum Berbasis OBE

Mereka berlatih keras setiap pagi dan sore di b awah pelatih Lukman Hakim dan Dionysius Hayom Rumbaka, serta asisten pelatih Engga Setiawan dan Hadi Saputra

“Memang yang ikut TC ada 26 atlet, namun yang akan tampil di PON XXI nanti hanya 16 orang, 8 atlet putra dan 8 atlet putri. Dengan demikian 10 atlet yang tidak lolos PON menjadi sparring partner,” terang Pujiasto.

Untuk menambah jam terbang bertanding dengan pengalaman lapangan, selama menjalani TC di Jakarta, kata dia, tim badminton Jateng juga menjalani berbagai try out, baik di luar dan dalam negeri.
Uji coba di luar negeri dilakukan pada awal-awal TC di Jakarta dulu, antara lain ke Jerman, Belanda dan Malaysia. Kemudian belakangan ini hanya menjalani try out di dalam negeri, antara mengikuti turnamen AJC di Jogja dan Kapolri Cup.

“Karena waktu PON sekitar 1 bulan lagi, maka ini focus menjalani TC di Jakarta. Mohon doanya, semoga pemain nanti bisa tampil maksimal dan bisa mempersembahkan medali emas,” katanya.

Bekerja Ekstrakeras

Menurutnya, Jawa Tengah memang harus bekerja ekstra-keras untuk bisa mendapatkan medali emas. Pada PON XXI Aceh-Sumut ini, Jawa Tengah akan bersaing ketat dengan atlet-atlet dari Jakarta, Jabar dan Jatim.

Ditanya soal upaya Pengprov PBSI Jateng agar para bermain maksimal di PON XXI nanti, dikatakan Pujiasto, PBSI Jateng meyakini semua atlet badminton Jawa Tengah memiliki loyalitas luar biasa tanpa harus diiming-imingi bonus besar.

Baca juga: Abdul Kholik Prihatin jika Pilkada Jateng 2024 Masih Dikotori Politik Uang

“Kita bersama klub memberikan motivasi kepada mereka, bahwa yang harus dikejar oleh atlet adalah juara. Tidak hanya sekedar juara di PON, namun juga bisa juara di level-level atasnya. Bahkan bisa juara dunia. Bisa juara dunia adalah target utama atlet badminton. Insya Allah para atlet loyal dengan Jawa Tengah,” pungkasnya.

Sementara, Wakil Ketua Umum II KONI Jateng Soedjatmiko mengatakan, cabor badminton salah satu cabor yang mauk kelompok cabor Lini 3A dengan target meraih 1 medali emas di PON XXI 2024 ini.

Selain badminton, cabor yang masuk kelompok lini 3A, yakni angkat besi, woodball, golf, muaythai, aeromodelling, pétanque, bermotor esport, terbang layang, anggar, soft tenis, arung Jeram, sambo. Kemudian tinju, terjun payung, jujitsu, judo, sepak takrow, bridge, barongsai, gulat, selam, hoki, squash dan para motor.


Daftar Atlet yang Menjalani Pelatda PON bulutangkis:
Moh Zaki Ubaidillah
Richie Duta Richardo
Michael Owen
Yuke Gamareza Radjasa
Sausan Dwi Ramadhani
Titis Maulida Rahma
Ridya Aulia Fatasya
Hendry Leander
Salsabila Amiradana
Aura Ihza Aulia
Velisha Christina
Bernadine Anindya, Wardana
Muhammad Voyage, Afrisal Mahendra
Emanuel Jose Surya, Hartono
Raditya Bayu Whardana
Evelin Gracia Parapat.
(Aji)

Berita Terkini