Rembang Sosialisasikan Olahraga Xiangqi, Tiga SD Jadikan Ekstrakurikuler

Kamis, 1 Agustus 2024 17:23
Sosialiasi olahraga xiangqi atau catur gajah untuk siswa SD di Rembang

REMBANG, HELOINDONESIA.COM - Olahraga Xiangqi, yang lebih dikenal sebagai catur gajah, mulai berkembang pesat di Kabupaten Rembang sejak 2022. Resmi terdaftar di Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Rembang, olahraga ini semakin dikenal terutama di kalangan anak-anak.

Ketua Persatuan Xiangqi Indonesia (Pexi) Rembang, Adi Sulistiyono, menyatakan bahwa pengurus resmi dibentuk pada 11 September 2023. Pada November 2023, mereka langsung mengadakan kejuaraan tingkat kabupaten (Kejurkab) yang diikuti oleh sekitar 70 atlet.

"Meskipun baru terbentuk, kami bergerak cepat. Selain kejuaraan, kami bekerja sama dengan tiga sekolah dasar, yaitu SDN 6 Kutoharjo, SDN Padaran, dan SDN Kepohagung, untuk membuka ekstrakurikuler Xiangqi di kelas VI," ujar Adi Sulistiyono saat ditemui di SDN 6 Kutoharjo, Kamis 1 Agustus 2024.

Baca juga: Puluhan Sepeda Motor Diamankan Gunakan Knalpot Tidak Sesuai Spesifikasi

Adi menambahkan, "Sekolah lain yang ingin belajar Xiangqi bisa ikut ekstrakurikuler di SDN 6 Kutoharjo. Kegiatan ini diadakan setiap Sabtu siang dan kadang ditambah 1-2 hari dalam seminggu."

Selasa lalu, Pengurus Kabupaten Xiangqi juga mengadakan sosialisasi olahraga ini kepada guru-guru PJOK (Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan) SD di Kecamatan Rembang. "Kami berharap para guru dapat menularkan olahraga ini kepada murid-murid mereka sehingga kita bisa mencari bibit-bibit potensial untuk Rembang," ungkap Adi, yang juga mengajar di SDN 6 Kutoharjo.

Untuk program tahun depan, mereka berencana merambah ke tingkat SMP. Beberapa atlet Xiangqi Rembang sudah duduk di bangku SMP, sehingga pengembangan skill akan berlanjut di tingkat sekolah menengah.

Baca juga: Ditinggal Dico Nyalon Pilwakot, Golkar Belum Tentukan Pengganti di Pilkada Kendal

Meskipun baru, Xiangqi Rembang sudah mengirim 12 atlet ke Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) yang digelar minggu lalu. Hasilnya, mereka berhasil meraih juara 2 beregu junior.

Atha Tsani Arkan, siswa kelas XI SDN 6 Kutoharjo dan atlet Xiangqi, awalnya merasa bingung saat memulai belajar. "Namun setelah rutin belajar, saya jadi suka dan menekuni olahraga ini. Alhamdulillah, kemarin bisa juara di provinsi," imbuhnya. (Aji)

Berita Terkini