Helo Indonesia

Semarang 10K Dibuka untuk Pelari Internasional dan Berhadiah Total Rp 424 Juta

Ajie - Olahraga
Senin, 25 September 2023 10:41
    Bagikan  
Semarang 10K Dibuka untuk Pelari Internasional dan Berhadiah Total Rp 424 Juta

Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu saat meluncurkan Lomba Lari Semarang 10K di Kota Lama. Foto: Aji

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM - Lomba lari Semarang 10K Powered by Isoplus akan kembali bergulir pada 17 Desember 2023. Peluncuran event tersebut dilakukan oleh Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu di Borsumy Heritage, Kota Lama, Semarang, Minggu 24 September 2023.

Kehadiran para pelari internasional dan besaran hadiah yang menggiurkan yaitu total Rp 424 Juta menjadi pembeda ajang tersebut dibandingkan setahun sebelumnya. Naiknya nilai hadiah diharapkan mampu memotivasi peserta mengeluarkan kemampuan terbaiknya dalam gelaran itu.

Baca juga: Sebelum Meninggal Brigpol Setyo Herlambang Video Call Sang Istri, Minta Dicarikan Hari Baik

''Kehadiran pelari luar negeri diharapkan meningkatkan citra Kota Semarang, bahwa kita mampu menggelar lomba lari bertaraf internasional. Kedatangan mereka jelas memberikan nilai tambah di sektor pariwisata. Misalnya, jika mereka berlama-lama tinggal di Semarang,'' ujar Mbak Ita, panggilan akrab wali kota usai peluncuran.

Acara launching kegiatan tersebut, ada 80 pelari dari 10 Komunitas mengikuti Fun Run 3K dengan rute sekitar Kota Lama. Panitia membatasi kuota 2.000 peserta dalam gelaran kali keempat ini.

"Kami menyambut lagi, karena suatu ajang olah raga juga meningkatkan wisatawan di Kota Semarang," katanya.
Bahkan, dia menjamin event ini lebih meriah menyusul lewatnya masa pandemi Covid-19. Apalagi sudah ditunggu Semarang 10K merupakan penutup rangkaian kegiatan lari. "Semoga semakin sukses," katanya.

Mengusung tema Step Up Your Limit, Semarang 10K peluang bagi pelari dapat menciptakan personal best. Sehingga dapat dioptimalkan lagi karena jalannya datar.

"InsyaAllah dapat dipastikan trek lari dapat terselesaikan," jelasnya.

Hidup Sehat

Hadir dalam peluncuran antara lain, Sekda Kota Semarang Iswar Aminuddin, Kadispora Fravarta Sadman, Redaktur Pelaksana Harian Kompas Adi Prinantyo, Direktur Bisnis Lukminto Wibowo, dan Marketing Manager RTD Beverages Category Wings Group Indonesia Joshua Gunawan serta perwakilan komunitas lari Semarang.

Baca juga: Prof Mahfud MD Dorong Civitas Academica Wujudkan USM Unggul

Joshua Gunawan, sangat berterima kasih karena sudah disambut baik. Dia mengajak agar pentingnya menjaga hidup dan sehat. Semangat itu yang diterapkan oleh wali kota Semarang.

Di bagian lain Adi Prinantyo mengatakan, faktor pembeda penyelenggaraan ini adalah total hadiah tahun ini yang mencapai Rp 424 juta dibandingkan tahun lalu Rp 280 juta. Selain itu membuka pendaftaran bagi pelari asing. Dia berharap ada 100 pelari luar negari yang menjajal kemampuannya di Semarang 10K.

''Kenyamanan pelari diutamakan, space pelari cukup lega, trek steril. Semoga kegiatan mendapat respons luar biasa mengingat Kota Semarang adalah kota yang mudah dijangkau lewat transportasi darat, laut, dan udara,'' pungkasnya. (Aji)