Helo Indonesia

Timnas Indonesia U-23 Dinilai Sebagai Generasi Emas Menuju Olimpiade 2024

Drajat Kurniawan - Olahraga
Minggu, 10 September 2023 18:01
    Bagikan  
Timnas Indonesia U-23
pssi.org

Timnas Indonesia U-23 - Timnas Indonesia U-23 mengalahkan Thailand 3-1 dan melaju ke final Piala AFF U-23 menghadapi Vietnam. (Foto: pssi.org)

HELOINDONESIA.COM - Timnas Indonesia U-23 menang telak atas Taiwan dengan skor akhir 9-0 pada babak kulifikasi grup K Piala Asia U-23 di Stadion Manahan Solo, Sabtu (9/9) malam.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengapresiasi prestasi pasukan Garuda Muda ini lantaran merupakan kemenangan bersejarah.

 9 September 1948 di Solo ditetapkan sebagai Hari Olahraga Nasional (Haornas) atau di hari yang sama Timnas Indonesia U-23 meraih kemenangan telak atas Taiwan 

"Hari ini adalah hadiah buat Haornas lahir di Solo pada waktu itu PON pertama di Solo, angka kemenangan tepat, 9-0 atau 9 September. Saya ucapkan selamat Indonesia," kata Erick dikutip Minggu.

Dia menyebutkan bahwa ini merupakan timnas generasi emas untuk menuju Olimpiade Paris 2024. Karena itu dia meminta pada pemain untuk mempertahankan permainan. 

"Jangan sampai menang 9-0 ini terlena, tanggal 12 September Vs Turkmenistan bukan tim yang sebelah mata. Saya bilang mereka generasi emas Indonesia, kita bisa lihat hari ini mereka luar bisa. Harus bisa melakukan hal sama lawan tim kuat," ungkapnya.

Menteri BUMN ini mengaku juga usai pertandingan masuk ruang ganti pemain menemui pelatih tTimnas U-23, Shin Tae-yong. Ia meminta pada timnas fokus melawan Turkmenistan.

"Saya berharap kita fokus tim ini untuk masa depan kita. Karena kita berharap tentu kalau tanggal 12 September kita main baik, kita masuk kejuaraan AFC U-23 bulan April 2024 sehingga itu merupakan babak kualifikasi Olimpiade Paris," kata Erick.