Helo Indonesia

Atletik Jateng Pimpin Klasemen, Petembak Dealova dan Pesilat Maliki Sumbang Emas di Popnas

Ajie - Olahraga
Minggu, 3 September 2023 08:26
    Bagikan  
Atletik Jateng Pimpin Klasemen, Petembak Dealova dan Pesilat Maliki Sumbang Emas di Popnas

Atlet lontar martil Adi Firmansyah yang meraih emas berpose bersama Ketua Umum PASI Jateng Rumini, tim menembak Jateng yang tampil impresif, dan pesilat Maliki Istiqlal yang menyabet satu-satunya emas. Foto-foto: ist

PALEMBANG, HELOINDONESIA.COM - Jawa Tengah memimpin sementara klasemen perolehan medali emas cabang atletik usai mengoleksi 7 medali emas, 4 perak, dan 3 perunggu dalam Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) XVI 2023 di Jakabaring Sport City Palembang, Sabtu 2 September 2023.

Dua medali emas atletik yang membawa Jateng unggul pada hari keempat, dipersembahkan oleh Adi Firmansyah di nomor lontar martil, dan tim estafet 4x100 meter putra (Deva Arya Dirga, Hanscelindo, Angga Putra, Muhammad Akbar). Pada hari kemarin Jateng juga meraih perak atas nama Novi Luthfi Afifah di nomor lompat tinggi putri.

tembak

Posisi kedua klasemen sementara atletik Popnas ditempati Jatim dengan 7 emas, 3 perak, 4 perunggu, disusul DKI Jakarta dengan 3 emas, 4 perak, 4 perunggu.

Sementara itu, petembak Dealova Desvita Maharani mempersembahkan medali emas untuk Jateng pada hari terakhir cabang menembak.


Dealova menjadi menjadi terbaik di nomor di nomor 18-41 Metallic Shilouette MultiRange putri. Atlet Kota Semarang tersebut menjadi penyumbang emas kedua bagi Jateng setelah Larasati Ayudya Putri Wibowo di nomor 33m 3 Posisi putri.
Secara keseluruhan dari cabang menembak Popnas, Jateng meraih dua emas, dan dua perak. Dua perak diraih Hilmi Maulana Pratama Putra (10m Air Pistol putra) serta Hilmi Maulana Pratama Putra, Arya Akbar Ismail, Hizkhia Camma Pratama Putra ( 10m Air Pistol Tim Putra).


Pelatih Jateng yang juga Manajer Tim Popnas Jateng Andy Hendrata menyampaikan rasa syukur atas pencapaian yang ditorehkan petembaknya di ajang Popnas. Cabang menembak sendiri baru dilombakan di Popnas, sejak Popnas pertama digelar tahun 1989.
''Bahagia dan membanggakan, baru kali pertama digelar dapat dua emas. Ini berkat kekompakan atlet dam pelatih,'' ujar Andy .

Emas Silat


Cabang pencak silat yang berlangsung di Gedung Serba Guna Dekranasda, kontingen Jateng meraih satu medali emas, dan tiga perunggu. Pesilat juara Indonesia Open 2022 Maliki Istiqlal Amuskan menjadi satu-satunya penyumbang medali emas untuk Jateng di Popnas. Atlet Solo tersebut dalam final menumbangkan pesilat DKI Jakarta, Deva Nur Cahyo.

silat
Sedangkan tiga perunggu, masing-masing diraih Keiran Taruna Alfresh ( kelas G putra), Kirana Tias Savira (kelas G putri), dan Muhammad Rizky Tama ( kelas I putra).


Juara umum cabang pencak silat Popnas dipegang kontingen DKI Jakarta dengan raihan 5 emas, 3 perak, dan 6 perunggu.
Dari cabang tinju, petinju Jateng Silvania Putri hanya mampu meraih perak di kelas 54-57 kg putru, setelah dalam babak final dikalahkan atlet Sumut Nona Baby.


Kontingen Jateng hingga hari Sabtu (2/9) berada di urutan keempat dengan capaian 33 medali emas, 31 perak, dan 27 perunggu. Posisi teratas dan hampir pasti menjadi juara umum adalah DKI Jakarta dengan 73 emas, 39 perak, dan 41 perunggu. Jatim (44-40-34) dan Jabar (40-27-47) pada posisi kedua dan ketiga. (Aji)