Helo Indonesia

Peringkat Jateng Terdongkrak di Popnas, Aria: Banyak Cabang Sudah Buka Keran Emas

Ajie - Olahraga
Kamis, 31 Agustus 2023 07:50
    Bagikan  
Peringkat Jateng Terdongkrak di Popnas, Aria: Banyak Cabang Sudah Buka Keran Emas

Pelari 100 meter gawang putri Kirana Anindya menyabet emas di Popnas

PALEMBANG, HELOINDONESIA.COM - Kontingen Jawa Tengah mulai menggeliat pada hari keempat pada ajang Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) XVI 2023 yang berlangsung di Palembang, Sumsel, Rabu 30 Agustus 2023.

Jateng kini  terdongkrak dan bertengger di posisi keempat klasemen sementara Popnas dengan capaian 10 medali emas, 17 perunggu, dan 11 perunggu. Posisi teratas ditempati DKI Jakarta (31-19-16), Jatim (26-21-19) dan Jabar (24-14-24).

Komandan Kontingen Popnas Jateng Aria Chandra Destianto mengaku bersyukur, kini sejumlah cabang olahraga sudah mulai membuka keran medali emas, setelah sempat mampat di hari-hari awal.

Baca juga: Presiden Jokowi Kagumi Sekolah Gratis Rintisan Ganjar, Akan Diterapkan Nasional

''Alhamdulilah beberapa cabang olahraga sudah mulai membuka keran medali emas, antara lain sepaktakraw, panahan, menembak, atletik dan karate,'' kata Aria di Paelmbang, Kamis pagi 31 Agustus 2023.

Selain itu, ada beberapa cabor juga yang telah berjuang luar biasa untuk menembus final walaupun akhirnya belum berhasil dan berhak medali perak. Meskipun demikian, lanjut Aria, harus disyukuri dan dia apresiasi.

Dia berharap capaian emas pada hari keempat, semoga memacu untuk menambah perolehan medali emas dihari-hari berikutnyadimana sejumlah cabang olahraga masih akan bertanding dan telah lolos ke babak-babak berikutnya.
''Kita doakan agar para atlet dan pelatih tetap fokus sehingga dapat menampilkan performa terbaik mereka,'' tandas Kabid Keolahragaan Disporapar Jateng tersebut.

Emas Jateng

Tambahan emas Jateng diperoleh dari cabang atletik (nomor 100 meter gawang putri, dan 400 meter putri), karate (kumite +76 kg putra dan kumite -59 kg putri), panahan (Divisi Recurve Perseorangan putri dan Divisi Recurve campuran), menembak (33m Multirange 3 Posisi putri), dan sepak takraw (tim beregu putra).

Baca juga: Ingin SMKN Jateng Diterapkan Nasional, Jokowi Perintahkan Mendikbud Lakukan Kajian

Pada cabang karate yang berlangsung di Asrama Haji Palembang, Rabu (30/8), dua emas Jateng masing-masing dipersembahkan M Fakhri Aufa Rohman (kumite +76kg putra), dan Luvena Milano Setiyaka (kumite -59kg putri).

Dari cabang atletik yang digelar di Jakabaring Sport City, pelari 100 meter gawang putri Jateng Kirana Anindya Sitare tampil gemilang dengan merebut emas. Pelari asal Kabupaten Kendal tersebut membukukan waktu tercepat 15,62 detik. Medali perak dan perunggu, diraih Dilfa Riski (Kaltim) dengan waktu 15,80 detik, dan Dwi Suciwati (NTB) dengan waktu 16,13 detik.

Sukses Kirana diikuti pelari 400 meter putri Devia Putri Nugraha yang menyabet usai menyentuh finish pertama dengan torehan waktu 1 menit 63 detik. Urutan kedua dan ketiga Alisa Nur Azizah (DI Yogyakarta/1:01:10) dan Novi Anggun Lestari (Lampung 1:01:26).


Pelatih atletik Jateng Jojon Siswanto mengatakan, Kamis hari ini (31/8), pihaknya berharap cabang atletik kembali berprestasi. Nomor yang dilombakan pada hari kelima Popnas adalah 1.500 meter putra - putri, dan 100 meter putra-putri, 400 meter gawang putra-putri, dan lempar cakram putri. (Aji)