Helo Indonesia

Kondisinya Memprihatinkan, Rumput Stadion Utama Kendal Diganti Rumput Baru

Ajie - Olahraga
Senin, 14 Agustus 2023 20:46
    Bagikan  
Kondisinya Memprihatinkan, Rumput Stadion Utama Kendal Diganti Rumput Baru

Pekerja tengah melakukan penggantian rumput di Stadion Kebondalem. Foto: Anik

KENDAL, HELOINDONESIA.COM - Usai berakhirnya Pekan Raya Kendal, Pemerintah Kabupaten Kendal mulai membenahi rumput di arena olahraga Stadion Utama Kebondalem Kendal, Jawa Tengah, yang kondisinya sudah memprihatinkan.

Berdasarkan hasil pantauan di lapangan, para pekerja telah mulai melakukan pengerjaan perbaikan rumput stadion yang kondisinya sudah mengering dan banyak dipenuhi ulat.

Petugas pelaksana lapangan, Eko Wahyu, menjelaskan, proses awal dalam pengerjaan rumput tersebut yakni pengupasan. Menurutnya nantinya rumput tersebut akan diganti dengan rumput baru jenis Zoysia.

"Ini kan yang pertama memang kita kupas. karena rumputnya kondisinya sudah mati karena faktor ulat dan lain sebagainya. Setelah kita kupas, biar tidak mengurangi media tanamnya itu dan kita menunggu kering rumputnya, setelah itu dibakar," terang Eko.

Kerahkan 13 Pekerja

Eko mengungkapkan, ada 13 pekerja yang dikerahkan untuk mengerjakan penggantian rumput di Stadion Kebondalem seluas kurang lebih 8.000 meter persegi.

"Sementara ini kita 13 orang. Untuk perawatannya, selama masih kontrak dengan kita masih kita yang merawat. Kalau perawatan kedepannya standart sih," ungkapnya.

Sementara, Kepala Disporapar Kendal Achmad Ircham Chalid menyatakan proses pengerjaan penggantian rumput di Stadion Utama Kebondalem Kendal tersebut telah mulai dilakukan pada awal Agustus 2023. Adapun anggaran yang dikeluarkan mencapai sekitar Rp 500 juta.

"Perbaikan sudah dimulai sejak awal Agustus 2023. Perbaikannya diperkirakan akan memakan waktu sekitar dua bulanan," ungkap Achmad Ircham Chalid.

Ia berharap, dengan perbaikan rumput Stadion Utama Kebondalem, maka stadion akan dapat segera difungsikan kembali. (Aji)