Helo Indonesia

Menpora : Pembukaan Piala Dunia U-17 Dipastikan di JIS, Final di Stadion Manahan

Drajat Kurniawan - Olahraga
Kamis, 10 Agustus 2023 11:50
    Bagikan  
Menpora Dito Ariotedjo
Foto : Ist

Menpora Dito Ariotedjo - (Instagram)

HELOINDONESIA.COM - Pembukaan Piala Dunia U-17 2023 digelar di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta. Adapun penutupan ajang bergengsi tersebut akan diselenggarakan di Stadion Manahan, Solo.

Kepastian tersebut disampaikan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo usai melakukan pertemuan dengan Ketua Umum PSSI Erick Thohir dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Menteri PUPR) Basuki Hadimuljono di Kementerian PU PR 

"Acara pembukaan Piala Dunia U-17 sudah dipastikan di JIS dan penutupan di Stadion Manahan Solo," tutur Dito di Jakarta, dikutip Kamis 10 Agustus 2023.

Menurut Dito, acara pembukaan Piala Dunia U-17 sengaja dipilih digelar di Jakarta dengan venue stadion JIS. Kata dia, hal tersebut juga merupakan arahan Presiden Joko Widodo. 

Baca juga: Unjuk Rasa Buruh Digelar Hari Ini di Jakarta, Ini Tuntutannya

"Selain itu kami ingin dalam perhelatan dunia ini menunjukkan bahwa kita memiliki banyak opsi stadion. Maka dari itu dari PSSI sudah benar untuk memakai JIS di Piala Dunia U-17," imbuhnya.

Meski demikian, Menpora Dito mengungkapkan belun ada keputusan akan diadakannya opening ceremony Piala Dunia U-17 2023. Mengingat Piala Dunia U-17 merupakan turnamen kelompok umur FIFA.

"Belum, belum (agenda opening ceremony). Ada aturan tersendiri tiap level ya, waktu U-17, U-20, maupun senior. Sesuai yang disampaikan Pak Ketum karena ini Piala Dunia U-17 jadi dari segi ceremony ada aturan-aturan FIFA yang tidak membolehkan (opening) dilakukan terlalu spektakuler," ucapnya.

Baca juga: Politisi Ini Memvonis Pinjol Ilegal Itu Hukumnya Haram Karena Ada Penipuan

PSSI mengajukan 4 stadion sebagai venue, yakni Jakarta International Stadium (JIS) (Jakarta), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Manahan (Solo), dan Stadion Geloira Bung Tomo (Surabaya). 

Namun FIFA yang akan mengumumkan secara resmi venue mana saja yang akan digunakan Piala Dunia U-17. Termasuk, FIFA juga yang akan menentukan keputusan final venue Piala Dunia U-17. 

Piala Dunia U-17 2023 rencananya digelar di Jakarta mulai tanggal 10 November sampai 2 Desmber mendatang.